Jens Raven, Verdonk, dan Maarten Paes Akan Perkuat Timnas Indonesia di Kualifikasi Piala Dunia 2026

PEMAIN: Maarten Paes saat masih membela FC Utrecht Klub Eredivisie Belanda. Dengan bergabungnya Maarten, Jens dan Verdock di Timnas Indonesia akan memperkuat Tim.(BeeNews.id/Wildan Rizkiyadi)

JAKARTA – PSSI kembali melakukan upaya naturalisasi pemain keturunan agar dapat segera memperkuat Timnas Indonesia di bawah asuhan Shin Tae-yong.

Ketua Umum PSSI, Erick Thohir, menyatakan bahwa pihaknya berusaha keras untuk mempercepat proses naturalisasi tiga pemain keturunan demi memperkuat Timnas Indonesia.

Saat ini, terdapat tiga pemain keturunan yang tengah dalam proses administrasi naturalisasi oleh PSSI, yaitu Maarten Paes, Calvin Verdonk, dan Jens Raven.

Maarten Paes, kiper FC Dallas, bahkan telah mengucapkan sumpah menjadi Warga Negara Indonesia (WNI). Paes hanya perlu menyelesaikan persyaratan perpindahan federasi dari Belanda ke Indonesia sebelum akhirnya bisa membela tim Merah Putih.

Sementara itu, Calvin Verdonk dan Jens Raven sudah datang ke Indonesia beberapa waktu lalu untuk memulai proses naturalisasi. Keduanya harus mengucapkan sumpah terlebih dahulu sebelum bisa membela Timnas Indonesia. Jika proses ketiga pemain tersebut berjalan lancar, mereka akan dapat memperkuat Timnas Indonesia.

Timnas Indonesia akan menghadapi Irak dan Filipina dalam laga Grup F Kualifikasi Piala Dunia 2026 zona Asia di Stadion Utama Gelora Bung Karno (SUGBK), Senayan, Jakarta Pusat, pada 6 dan 11 Juni 2024.

“Kami usahakan ketiganya bisa bertanding di Kualifikasi Piala Dunia 2026 zona Asia,” kata Erick Thohir, seperti dikutip dari BolaSport.com dan SURYAMALANG.COM melalui Antara.

Erick Thohir melanjutkan bahwa Maarten Paes memiliki peluang besar untuk membela Timnas Indonesia pada Juni mendatang. Saat ini, Paes tinggal menyerahkan dokumen pelengkap untuk didaftarkan sebagai pemain Timnas Indonesia.

“Kami menunggu konfirmasi dari Maarten Paes,” tambah Erick Thohir.

Sedangkan dua pemain lainnya yang dalam proses naturalisasi, Calvin Verdonk dan Jens Raven, saat ini menantikan pengambilan sumpah menjadi WNI.

Advertisements

Erick Thohir bertekad agar pengambilan sumpah Calvin Verdonk dan Jens Raven bisa dilaksanakan pada Mei 2024. Setelah itu, kedua pemain tinggal didaftarkan untuk membela Timnas Indonesia melawan Irak dan Filipina.

“Mereka harus angkat sumpah, kami sedang menunggu. Mudah-mudahan minggu ketiga Mei,” ucap Erick Thohir.

Untuk diketahui, Calvin Verdonk adalah pemain asal Belanda yang bermain untuk klub NEC Nijmegen. Bek berusia 27 tahun ini memiliki darah Indonesia dari ayahnya yang berasal dari Meulaboh, Aceh.

Sedangkan Jens Raven adalah pemain asal Belanda yang bermain sebagai penyerang di FC Dordrecht. Pemain berusia 18 tahun ini memiliki darah Indonesia dari neneknya yang berasal dari Yogyakarta.

“Jika mereka sudah angkat sumpah, mereka bisa bermain di kualifikasi Piala Dunia 2026,” kata Erick Thohir. (Red1/Olahraga)

Editor : Indah Setiawati

TAG :, ,
Statistik Situs
  • Total halaman dikunjungi: 117,820