Jelang Isra Miraj 2023, Inilah Amalan Sunnahnya

AMALAN : Bacalah amalan sunnah yang dianjurkan untuk dilakukan menjelang isra miraj. Seluruh umat Islam menyambut Isra Miraj yang jatuh pada tanggal 18 Februari 2023. Kisah perjalanan yang berawal ketika Rasulullah tertidur di Hijr saat mengunjungi Ka’bah di malam hari.(BeeNews.id/Zuhud).

TEGAL – Inilah beberapa amalan sunnah menjelang isra miraj yang bisa anda terapkan. Seluruh umat Islam menyambut Isra Miraj yang jatuh pada tanggal 18 Februari 2023. Kisah Isra Miraj berawal ketika Rasulullah tertidur di Hijr saat mengunjungi Ka’bah di malam hari.

Kemudian Malaikat Jibril datang dan mengusik kaki beliau hingga terbangun. Jibril lalu mengajak nabi menuju pintu masjid. Di sana seekor binatang bernama Buraq telah menunggu. Buraq ini merupakan peranakan kuda dan keledai bersayap. Hewan ini dapat terbang sangat cepat.

Saat menunggangi Buraq, Nabi Muhammad dan Jibril terbang ke Yerusalem. Perjalanan ke Yerusalem ini yang disebut sebagai Isra.

Sesampainya di Yerusalem, Rasulullah bertemu dengan para Nabi, mulai dari Ibrahim, Musa, hingga Isa. Mereka sholat berjamaah dengan Rasullah bertindak sebagai Imam.

Lalu, Nabi Muhammad melanjutkan perjalanan ke langit atau Miraj. Bersama Jibril yang memperlihatkan wujud aslinya, Rasulullah terbang ke langit lapisan ketujuh.

Nabi Muhammad sampai di Sidrat al-Muntaha. Di puncak semesta ini Rasulullah bertemu dengan Allah. Beliau mendapat perintah sholat di sini. Perjalanan Isra Miraj ini terjadi dalam satu malam

Berikut amalan yang dianjurkan dilakukan menjelang Isra Miraj.

1. Memperbanyak Istigfar

Selama bulan Rajab dan menjelang Isra Miraj, amalan yang dianjurkan yakni membaca doa sayyidul istigfar.

Berikut bacaan doa sayyidul istigfar
“Ya Allah, Engkaulah Tuhanku. Tidak ada Tuhan selain Engkau. Engkau sudah menciptakanku, dan aku adalah hamba-Mu. Aku akan berusaha selalu ta’at kepada-Mu, sekuat tenagaku Yaa Allah. Aku berlindung kepada-Mu, dari keburukan yg kuperbuat. Kuakui segala nikmat yang Engkau berikan padaku, dan kuakui pula keburukan-keburukan dan dosa-dosaku. Maka ampunilah aku ya Allah. Sesungguhnya tidak ada yg bisa mengampuni dosa kecuali Engkau.”

Bacaan doa sayyidul istigfar dapat dilakukan pagi hari dan sore menjelang petang.

Advertisements

2. Doa pagi dan doa sore

Setelah melaksanakan salat Subuh dan Maghrib, muslim juga membaca doa berikut ini.

Doa ini dibacakan agar terhindar dari siksa api neraka.
“Ya Tuhan kami, semoga Engkau berkenan men jauhkan kami dari azab (siksa) api neraka jahannam, karena azabnya itu sungguh membinasakan dan seburuk-buruk tempat menetap dan tempat kediaman.” (QS. Al-Furqan: 65-66)

3. Memperbanyak doa

Menjelang Isra Miraj bertepatan di bulan Rajab, selain doa Sayyidul Istigfar kita juga dapat membaca doa berikut ini, sebagaimana anjuran Rasulullah SAW.

Berikut bacaan doa Rasulullah di bulan Rajab
“Allohumma baarik lanaa fii rojaba wa sya’banaa wa ballighnaa romadhonaa”
“Ya Allah berilah kami keberkahan di bulan Rojab dan Sya’ban dan sampaikan kami pada bulan Ramadhan.”

4. Dzikir menjelang Isra Miraj

Menjelang Isra Miraj, ada bacaan dzikir yang pernah diajarkan Nabi Ibrahim untuk Nabi Muhammad SAW.

Dzikir tersebut diajarkan Nabi Ibrahim kepada Rasulullah SAW saat peristiwa Isra Miraj.
Laa haula walaa quwwata illa billah “Tidak ada daya dalam menjauhi maksiat dan tidak ada upaya menjalankan ketaatan melainkan dengan pertolongan Allah.” (Red3/Umum).

Editor : Irene Indah

TAG :, ,
Statistik Situs
  • Total halaman dikunjungi: 118,401