Jalani Tradisi Pembaretan, Ini Harapan Wakapolres Tegal Kota

SIMBOLIS : Wakapolres Tegal Kota Kompol Wibowo Saputra, SPd, SIK, menyiramkan air kembang secara simbolis kepada perwakilan bintara remaja untuk menandai mulainya tradisi pembaretan di halaman Mapolres. (Beenews.id/doc)

TEGAL – Sebanyak 9 personel Bintara Remaja Angkatan ke- 48 Polres Tegal Kota mengikuti Upacara Pembukaan Pembinaan Tradisi Pembaretan di halaman Mapolres, Sabtu (25/2/2023).

Wakapolres Tegal Kota Kompol Wibowo Saputra, SPd, SIK, menyiramkan air kembang secara simbolis kepada perwakilan bintara remaja untuk menandai mulainya tradisi pembaretan.

Wakapolres Tegal Kota pada saat menjadi Inspektur Upacara mengatakan, kegiatan pembaretan ini merupakan tradisi turun temurun untuk dapat menumbuhkan kesadaran nilai moral awal sebagai Bintara Polri.

Selain itu kegiatan ini juga untuk membentuk fisik yang prima, memiliki mental-mental baja, tangguh, kokoh, trengginas dan loyal terhadap pelaksanaan tugas kepolisian.

“Kegiatan pembaretan ini merupakan tradisi turun temurun untuk menumbuhkan nilai moral awal, membentuk fisik yang prima, bermental baja, tangguh, trengginas dan loyal terhadap tugas Kepolisian,” tegas Wakapolres.

Kompol Wibowo Saputra menambahkan, dalam kegiatan pembaretan ini peserta akan melakukan long march dengan pendampingan tim panitia untuk pengenalan lingkungan sesuai pos yang sudah kita tentukan.

Pada pos-pos tersebut nantinya tim panitia akan melatih dan mengenalkan beberapa materi tentang kemampuan yang harus dimiliki oleh seorang Bintara Polri selaku pengemban fungsi Kepolisian tugas umum.

Contohnya seperti 12 gerakan dasar pengaturan lalu lintas, tata cara pengamanan VIP dan VVIP serta tindakan pertama pada tempat kejadian perkara atau TP TKP.

Wakapolres berharap, dengan adanya kegiatan tradisi pembaretan ini para bintara remaja nantinya dapat menjalankan tugas kepolisian sebagai pelindung, pengayom, dan pelayan masyarakat serta penegakan hukum dengan baik.

“Jadikan kegiatan ini sebagai momentum membentuk angkatan yang solid, kompak dan bertanggung jawab. Sehingga dapat membentuk insan Polri yang PRESISI yaitu Prediktif, Responsibilitas dan Transparansi Berkeadilan, “pungkas Wakapolres.

Advertisements

Sementara tampak dari pantauan kegiatan long march para peserta berawal dari Mapolres kemudian berjalan menuju Mapolsek Tegal Barat, Mapolsek Sumurpanggang, Mapolsek Tegal Selatan, Mapolsek Tegal Timur dan kembali ke Mapolres Tegal Kota serta sekaligus pelaksanaan upacara pengesahan pemakaian baret.
(Red2/Umum)

Editor : Irene Indah

TAG :,
Statistik Situs
  • Total halaman dikunjungi: 117,828