Indah dan Tenangnya Hutan Mangrove di Tegal Tatkala Teduh

MANGROVE : Hutan mangrove di pesisir pantai kota Tegal yang tampak lebih indah dan terasa semakin damai ketika hujan rintik-rintik. Pengunjung bisa berteduh di pendopo yang ada di sekitar hutan sambil mengabadikan momen indah tersebut. (BeeNews.id/Ryan Satria Yudha)

TEGAL – Tegal adalah nama dari sebuah Kota dan Kabupaten di pesisir utara pulau Jawa, tepatnya di provinisi Jawa Tengah. Ada begitu banyak tempat wisata yang bisa dikunjungi di kota Tegal, salah satunya adalah Hutan Mangrove yang berlokasi tepat di sebelah Pantai Alam Indah (PAI) dan di belakang kampus Universitas Pancasakti Tegal.

Untuk bisa berkunjung ke hutan mangrove di kota Tegal, pengunjung bisa masuk melalui gerbang PAI dengan biaya Rp. 4.000. Awalnya hutan mangrove memiliki pintu gerbangnya sendiri, namun telah ditutup sehingga pengunjung bisa datang melalui gerbang PAI.

Bagi yang membawa kendaraan bisa memarkirkan kendaraan di PAI, kemudian berjalan kaki ke hutan mangrove tersebut. Bisa juga memarkirkan kendaraan di tempat parkir yang berada di sekitar hutan mangrove.

Sekali masuk, akan ada 2 obyek wisata yang bisa dikunjungi sekaligus, yaitu PAI dan hutan mangrove. Ada berbagai macam fasilitas yang disediakan di sekitar hutan mangrove yaitu WiFi gratis, mushola, kamar mandi, toilet, pendopo, dan parkir gratis.

Hutan mangrove di kota Tegal memiliki banyak pohon sehingga udara di sekitar terasa sangat segar, ditambah dengan angin sepoi-sepoi, menjadikan suasanya bertambah sejuk meskipun di siang hari.

Tegal adalah kota sibuk dengan segala aktivitasnya, dan hutan mangrove ini bisa menjadi tempat yang sangat cocok bagi masyarakat yang ingin merasakan ketentraman yang dipadu dengan keindahan alam.

“Anda mungkin akan merasa beruntung ketika bisa berkunjung pada saat cuaca sedang mendung di siang hari. Hutan mangrove ini akan terasa lebih romantis dan indah ketika cuaca sedang teduh,” kata Ryan saat mengunjungi Hutan Mangrove

Wisatawan akan terasa seolah-olah sedang berwisata ke pegunungan atau dataran tinggi meskipun sebenarnya berada di kawasan sekitar pantai. Suasana teduh dan tentram akan semakin terasa ketika sedang berteduh di saat hujan rintik-rintik dan terkena hembusan angin dari laut.(Red3/Galery Foto)

Editor : Irene Indah

TAG :, ,
Statistik Situs
  • Total halaman dikunjungi: 121,223