Imbauan Penting Kewaspadaan Hepatitis Akut

IMBAUAN : Pemerintah melalui Kesehatan Republik Indonesia secara resmi mengeluarkan imbauan Hepatitis Akut pasca adanya laporan dari sejumlah negara terkait Hepatitis Akut yang tidak diketahui etiologinya. (BeeNews.id/ZuhudBudiaji)

SULAWESI UTARA – Dilansir dari Youtbe KompasTv.com Pemerintah melalui kesehatan Republik Indonesia secara resmi mengeluarkan imbauan Hepatitis Akut pasca adanya laporan dari sejumlah negara terkait Hepatitis Akut yang tidak diketahui etiologinya, sejumlah negara.

Di Sulawesi Utara Pemerintah Daerah melalui Dinas Kesehatan Provinsi Sulawesi Utara mengambil langkah preventif diantaranya mengimbau Dinas Kesehatan dan Rumah Sakit milik Pemerintah dan Swasta untuk meningkatkan kewaspadaan dini.

Apabila ditemukan adanya kasus pasien yang terdeteksi dengan gejala diantaranya kulit dan sklera berwarna icteric atau kuning dan urin berwarna gelar yang timbul secara mendadak agar segera melapor.

Dinas Kesehatan di masing-masing Kabupaten Kota diminta untuk memberikan komunikasi, informasi, dan edukasi kepada masyarakat, serta upaya pencegahan melalui penerapan perilaku bersih dan sehat.

Debie Kalalo selaku Kepala Dinas Kesehatan Sulawesi Utara mengatakan telah menyurat ke Dinas Kesehatan Kabupaten Kota dan rumah sakit yang kuat Pemerintah maupun Swasta untuk mengantisipasi Hepatitis Akut yang tidak diketahui penyebabnya.

“Ini tentunya kami berharap di semua Kabupaten Kota telah waspada dini dan setiap dimintakan disitu setiap hari ada laporan dari Kabupaten Kota bila ditemukan Suspect atau kasus,” kata Debie Kalalo.

Per tanggal 9 Mei 2022 Dinas Kesehatan Provinsi Sulawesi Utara belum menerima laporan adanya dugaan Suspect Hepatitis Akut yang terjadi di Sulawesi Utara. Meski demikan maysarakat diminta untuk tetap waspada dan menerapkan gaya hidup bersih dan sehat.

Indonesia dilaporkan telah mengidentifikasi 15 kasus Hepatitis berat yang tidak diketahui asalnya setelah melaporkan tiga kematian diantara kelompok usia anak. (Red3/Kesehatan).

Editor : Ahmad Wachidin

TAG :,

Leave a Reply

Statistik Situs
  • Total halaman dikunjungi: 52,070