Ikrar Setia Kepada Pancasila, Tandai Upacara Peringatan Hari Kesaktian Pancasila

UPACARA: Pemerintah Kota (Pemkot) Tegal bersama Forum Komunikasi Pimpinan Daerah (Forkopimda) Kota Tegal foto bersama usai melaksanakan Upacara Peringatan Hari Kesaktian Pancasila di Halaman Pendopo Ki Gede Sebayu, Komplek Balai Kota Tegal, Minggu (1/10/2023) pagi. (BeeeNews.id/Listiya)

TEGAL – Pemerintah Kota (Pemkot) Tegal bersama Forum Komunikasi Pimpinan Daerah (Forkopimda) Kota Tegal gelar Upacara di Halaman Pendopo Ki Gede Sebayu, Komplek Balai Kota Tegal, Minggu (1/10/2023) pagi.

Hadir dalam upacara tersebut Sekretaris Daerah Kota Tegal, Agus Dwi Sulistyantono, Kapolres Tegal kota AKBP Jaka Wahyudi, Dandim 0712/Tegal Letkol Inf. Suratman, Danlanal Tegal Letkol Mar. Moch. Chanan asfihani, Dansatradar 214 Tegal yang diwakili Kadisops Satradar 214 Tegal Mayor Lek Hendra Kristiawan, Ketua pengadilan Negeri Kota Tegal yang diwakili Panitera Muda Pidana pengadilan negeri Kota Tegal Waryo, Kajari kota Tegal yang diwakili Kasubsi Dantun Kejaksaan Negeri Kota Tegal Yogi Aranda dan Wakil ketua DPRD Kota Tegal Wasmad Edi Susilo, S.H.

Dalam kesempatan itu, Wali Kota Tegal bertindak sebagai Inspektur Upacara Peringatan Hari Kesaktian Pancasila. TNI dan Polri menjadi peserta upacara bersama organisasi masyarakat dan pelajar.

Dalam upacara tersebut juga dibacakan Ikrar tekad setia kepada Pancasila yang dibacakan oleh Sekretaris Daerah Kota Tegal.

Dalam ikrar tersebut menyebutkan bahwa bahwa sejak diproklamasikan kemerdekaan Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI) pada tanggal 17 Agustus 1945 pada kenyataannya telah banyak terjadi rongrongan baik dari dalam negeri maupun luar negeri terhadap NKRI.

Bahwa rongrongan tersebut dimungkinkan oleh karena kelengahan, kekurangwaspadaan bangsa Indonesia terhadap kegiatan yang berupaya untuk menumbangkan Pancasila sebagai ideologi negara;
Bahwa dengan semangat kebersamaan yang dilandasi oleh nilai-nilai luhur ideologi Pancasila, bangsa Indonesia tetap dapat memperkokoh tegaknya Negara Kesatuan Republik Indonesia.

“Maka dihadapan Tuhan Yang Maha Esa dalam memperingati Hari Kesaktian Pancasila, kami membulatkan tekad untuk tetap mempertahankan dan mengamalkan nilai-nilai Pancasila sebagai sumber kekuatan menggalang kebersamaan untuk memperjuangkan, menegakkan kebenaran dan keadilan demi keutuhan NKRI,” tutur Sekretaris Daerah Kota Tegal, membacakan ikrar. (Red2/Umum)

Editor: Indah Setiawati

TAG :, , ,
Statistik Situs
  • Total halaman dikunjungi: 118,401