Hitung-hitungan Lolos: Timnas Indonesia Wajib Raih Hasil Lebih Baik dari Vietnam di Laga Terakhir

IMBANG : Hasil akhir pertandingan Indonesia vs Irak di Stadion Gelora Bung Karno Jakarta dalam lanjuran kualifiasi Piala Dunia 2006 Raound 2.(BeeNews.id/Wildan Rizkiyadi)

JAKARTA – Timnas Indonesia masih memiliki peluang besar untuk melaju ke putaran ketiga Kualifikasi Piala Dunia 2026 Zona Asia meskipun mengalami kekalahan dari Irak dan Vietnam berhasil menang melawan Filipina.

Tim Garuda tertahan dengan 7 poin setelah kekalahan dari Irak dalam pertandingan ke-5 Grup F. Pada laga tersebut, Jordi Amat dan tim kalah 0-2 dari Irak pada Kamis (6/6/2024) di Stadion Utama Gelora Bung Karno, Jakarta.

Beberapa jam kemudian, Vietnam mengalahkan Filipina dengan skor 3-2 di My Dinh National Stadium, Hanoi. Hasil tersebut mengubah sedikit posisi klasemen Grup F dalam perolehan poin.

Timnas Indonesia tetap berada di posisi ke-2 dengan 7 poin. Sementara itu, Vietnam yang tetap berada di posisi ke-3 kini mengoleksi 6 poin, mendekati Indonesia.

Menjelang pertandingan terakhir pada 11 Juni mendatang, Timnas Indonesia masih memiliki peluang besar untuk lolos ke putaran ketiga kualifikasi. Tim Merah Putih hanya perlu memastikan kemenangan atas Filipina.

Kemenangan atas Filipina di SUGBK akan membuat Indonesia mengumpulkan 10 poin. Vietnam yang akan berhadapan dengan Irak pada pertandingan terakhir di Basra tidak akan bisa mengejar Indonesia karena poin maksimal mereka hanya 9.

Peluang Indonesia akan menjadi rumit jika tim asuhan Shin Tae-yong gagal mengalahkan Filipina. Jika hal itu terjadi, nasib Tim Garuda tidak lagi berada di tangan mereka sendiri.

Jika gagal menang melawan Filipina, kelolosan Indonesia akan bergantung pada hasil pertandingan Vietnam. Apabila Indonesia hanya bermain imbang melawan Filipina, Vietnam tidak boleh menang melawan Irak.

Jika kalah dari Filipina, Tim Merah Putih harus berharap Vietnam juga kalah dari Irak. Intinya, perolehan hasil Timnas Indonesia tidak boleh lebih buruk dari Vietnam.

Jika hasil Indonesia lebih buruk dari Vietnam, pasukan Shin Tae-yong dipastikan akan tersingkir dan menempati peringkat 3 Grup F. Situasi ini akan terjadi jika Indonesia bermain imbang (poin menjadi 8) sementara Vietnam menang (poin menjadi 9).

Advertisements

Indonesia juga akan tergeser dari posisi ke-2 Grup F jika kalah dari Filipina dan Vietnam seri melawan Irak. Dalam kondisi ini, perolehan poin Indonesia dan Vietnam akan sama-sama 7.

Namun, Indonesia akan kalah dari Vietnam dalam selisih gol. Saat ini kedua tim memiliki selisih gol -2, tetapi Indonesia lebih produktif dalam jumlah gol (6-8) dibandingkan Vietnam (5-7).

Namun, kekalahan dari Filipina akan membuat selisih gol Indonesia dipastikan lebih buruk dari -2. Di sisi lain, dengan kemenangan atas Irak, selisih gol Vietnam dipastikan lebih baik dari -2.
(Red1/Olahraga)

Editor : Indah Setiawati

TAG :, ,
Statistik Situs
  • Total halaman dikunjungi: 118,409