Harga Bensin Naik! Kenali Ciri Mobil Boros Bahan Bakar

PENTING : Konsumsi bahan bakar mobil sangat dipengaruhi cara berkendara, namun jangan lupa kondisi mobil juga berperan penting biar tak buang-buang bensin. (BeeNews.id/doc)

TEGAL – Harga bahan bakar minyak (BBM) naik mulai Sabtu (3/9/2022). Agar tak bikin kantong makin tipis, ketahui ciri-ciri mobil kamu lebih boros bensin.

Jika mobil jarang diservis secara rutin, bukan tak mungkin konsumsi bahan bakarnya makin boros. Ciri-ciri mobil yang boros bensin ini terkadang tidak disadari pemilik kendaraan.

Hal ini dapat menguras isi dompet, apalagi harga bensin saat ini sedang naik. Berikut ini ciri-ciri mobil boros bahan bakar menurut Auto2000.

1. Sering isi bahan bakar

Ciri pertama mobil boros bahan bakar yang mudah dikenali terasa dari jangka waktu pengisian bensin yang semakin sering. Kamu dapat membandingkan seberapa sering isi bahan bakar berdasarkan cara pakai, rute dan jarak tempuh yang sama sehari-hari.

2. Suara mesin mulai kasar

Mobil yang sering diservis berkala seharusnya memiliki suara mesin halus, jika suara mesin mulai terdengar kasar dan berisik ada kemungkinan terdapat masalah. Masalah pada mesin bukan saja mengakibatkan konsumsi bahan bakar tidak efisien tetapi juga berdampak pada keseluruhan kinerja mobil.

3. Mesin terasa berat

Kesulitan menginjak pedal gas juga menjadi ciri mobil boros bensin, pedal gas terasa berat dan jika terus diinjak akan membuat bahan bakar habis dengan sangat cepat. Hal ini bisa diakibatkan filter udara tersumbat oleh debu dan kotoran lainnya, semua debu dan kotoran perlu dibersihkan supaya mobil kembali bertenaga dan siap untuk diajak berkendara.

4. Asap knalpot yang menghitam

Kemungkinan besar terjadi karena masalah di dalam karburator mobil, masalah pada karburator diakibatkan oleh penyumbatan pipa-pipa kecil yang membuat aliran bensin menjadi terganggu. Hal ini tidak boleh dibiarkan karena akan mengakibatkan konsumsi bensin yang tidak efisien dan kerusakan bisa menyebar ke komponen lainnya.

5. Pemakain Vel yang tak sesuai

Penggunan velg yang tidak sesuai mempengaruhi konsumsi bahan bakar. Misalnya, velg mobil yang terlalu besar dan berat akan membuat komponen lain bekerja lebih keras dari biasanya, hal ini juga bisa menjadi penyebab bensin mobil habis dengan cepat.

6. Bau bensin menyengat

Munculnya bau bensin menyengat disebabkan adanya kebocoran bensin, misalnya di tangki bahan bakar atau selang-selang. Masalah ini harus cepat-cepat ditangani sebab dampaknya bukan Cuma boros bensin tetapi juga berbahaya bagi keselamatan.
(Red2/Otomotif)

Editor : Irene Indah

Advertisements
TAG :, , ,
Statistik Situs
  • Total halaman dikunjungi: 115,297