Gurih, Lezat dan Nikmatnya Nasi Liwet Solo

PENDAMPING : Lauk pauk pendampin Nasi Liwet Solo biasanya berupa suwiran daging ayam, rempelo ati, telor, tempe ataupun tahu. Lauk disesuaikan dengan selera masing-masing.(BeeNews.id/N. Hidayah)

SURAKARTA – Bagi pecinta kuliner di Kota Solo pasti sangat familiar dengan Nasi Liwet Solo. Nasi Liwet Solo adalah hidangan khas dari Kota Solo, Jawa Tengah. Hidangan yang satu ini terkenal dengan rasa gurih dan kaya rempah.

Nasi liwet dimasak menggunakan santan, kaldu ayam, daun salam, dan serai sehingga memberikan aroma dan cita rasa yang khas​.

Penyajian nasi liwet Solo umumnya menggunakan daun pisang yang dibentuk seperti pincuk. Hidangan ini biasanya dilengkapi dengan lauk seperti suwiran ayam opor, telur pindang, sayur labu siam (jipang), tahu, tempe, dan areh. Areh adalah endapan santan yang kental, lezat dan gurih​.

Sejarah nasi liwet Solo bermula dari masyarakat Desa Menuran, Kabupaten Sukoharjo. Awalnya, hidangan ini disiapkan untuk konsumsi pribadi dan dalam acara-acara khusus seperti Maulid Nabi.

Sejak tahun 1934, nasi liwet mulai dijual di warung-warung pinggir jalan, dan popularitasnya terus meningkat hingga menjadi salah satu ikon kuliner kota Solo.

Di Solo, banyak sekali tempat terkenal yang menyajikan nasi liwet, seperti di daerah Keprabon, Kerten, dan Pasar Gede. Salah satu penjual legendaris adalah Nasi Liwet Wongso Lemu yang buka dari sore hingga dini hari​.

Bagi pecinta kuliner nasi liwet yang ingin mencoba membuat nasi liwet Solo di rumah. Berikut bahan-bahan utama yang diperlukan yaitu meliputi beras, santan, kaldu ayam, daun salam, serai, dan garam.

Proses memasaknya melalui beberapa tahap, dimulai dengan merendam beras terlebih dahulu, kemudian mengukusnya dengan campuran santan dan bumbu hingga matang dan beraroma​.(Red2/Kuliner)

Editor : Indah Setiawati

TAG :, ,
Statistik Situs
  • Total halaman dikunjungi: 118,408