Erick Thohir Tentang Prestasi Timnas U23 Indonesia Lolos Perempat Final Piala Asia U23 2024

PEREBUTAN : Starting Lineup Timnas Indonesia U23 menghadapi Jordan U23 dalam perebutan posisi ke 2 Grup A.(BeeNews.id/Wildan Rizkiyadi)

JAKARTA – Meskipun merupakan tim debutan dalam turnamen tersebut, Timnas U23 Indonesia berhasil mencapai babak perempat final setelah mengalahkan Yordania dengan skor 4-1 di Stadion Abdullah bin Khalifa, Doha, Qatar, pada Minggu, 21 April 2024.

Pertandingan antara Timnas U23 Indonesia dan Yordania disaksikan langsung oleh Ketua Umum PSSI, Erik Thohir, yang tidak bisa menyembunyikan kegembiraan dan kebanggaannya atas performa dan semangat juang para pemain.

“Efek dari kerja keras yang kami lakukan sangat terasa. Mulai dari penghentian Liga, negosiasi dengan klub-klub luar negeri untuk pemain kami, hingga melewati drama wasit di pertandingan pertama melawan Qatar. Alhamdulillah, hasilnya sebanding dengan kerja keras bersama,” kata Thohir di Doha, Qatar.

Dia juga memberikan apresiasi kepada para pemain atas keberanian mereka yang membuat mereka tampil tanpa tekanan, bermain dengan kelas, dan terus menekan lawan.

“Ini membuktikan bahwa kita mampu. Saya berharap semangat ini terus berkobar di babak selanjutnya mengingat lawan semakin tangguh. Ini menjadi dorongan untuk mencapai target berikutnya, yakni lolos ke Olimpiade. Semoga,” tambahnya.

Gol pembuka Indonesia dicetak oleh Marselino Ferdinan melalui tendangan penalti di menit ke-23 setelah Rafael Struick dilanggar di kotak penalti. Gol kedua diciptakan oleh Witan Sulaiman di menit ke-40 setelah aksi kombinasi Marselino, Rizki Ridho, dan Witan sendiri. Marselino menambah gol ketiga untuk Indonesia di menit ke-70 melalui kerjasama dengan Witan. Yordania sempat memperkecil kedudukan melalui gol bunuh diri Justin Hubner, tetapi Indonesia memperbesar keunggulan dengan gol tandukan Komang Teguh.

Erik Thohir juga mengakui peningkatan performa mental para pemain sejak kekalahan melawan Qatar, di mana mereka tampil dengan semangat meskipun hanya dengan sembilan pemain.

“Saya sangat menghargai strategi pelatih Shin Tae-yong yang berhasil mempersiapkan tim dengan baik. Ini adalah modal penting mengingat perjalanan masih panjang. Mari kita doakan dan terus mendukung Timnas,” tutupnya.

Dengan kemenangan atas Yordania, Timnas U23 Indonesia kini menempati posisi kedua di Grup A dengan 6 poin, di belakang Qatar yang meraih 7 poin. Mereka akan menghadapi juara Grup B, yang kemungkinan adalah Jepang atau Korea Selatan, di babak selanjutnya.
(Red1/Olahraga)

Editor : Indah Setiawati

Advertisements
TAG :, ,
Statistik Situs
  • Total halaman dikunjungi: 117,820