Duet Es Tape Tjampolay dan Sepiring Tahu Gejrot Pedas Khas Cirebon

KULINER : Tahu gejrot khas Cirebon yang terbuat dari potongan tahu goreng polos, lalu digejrot (ditekan-tekan) bersama kuah bercita rasa asam, pedas, manis dari irisan bawang merah mentah dan ulekan cabai rawit segar. (BeeNews.id/ZuhudBudiaji)

CIREBON – Kalau singgah di Cirebon, jangan lupa mencicipi kuliner khasnya, seperti es tape tjampolay dan tahu gejrot yang menggugah selera. Kedua menu tersebut bisa ditemukan di sebuah sentra oleh-oleh kawasan Batik Trusmi, Jalan Trusmi Nomor 148, Weru Lor, Kecamatan Plered, Kabupaten Cirebon, Jawa Barat.

Setelah puas berbelanja buah tangan di BT Batik Trusmi, duduklah sejenak di restorannya. Isi kembali tenaga dengan sepiring tahu gejrot pedas bersama segelas es tape tjampolay khas Cirebon.

Tahu gejrot merupakan kuliner khas Cirebon. Makanan tersebut terbuat dari potongan tahu goreng polos, lalu digejrot (ditekan-tekan) bersama kuah bercita rasa asam, pedas, manis dari irisan bawang merah mentah dan ulekan cabai rawit segar. Kuah encer dan kemerahan inilah yang menjadi ciri khas tahu gejrot khas Cirebon.

Rasa segar kuah berasal dari rebusan bumbu seperti bawang merah, asam jawa, gula merah, dan cabai rawit. Ada banyak pedagang yang menjual tahu gejrot otentik di Kota Cirebon, salah satunya ialah restoran BT Batik Trusmi.

Di sini pembeli bisa memilih kadar kepedasan tahu gejrot. Seporsi tahu gejrot tersebut dibanderol seharga Rp 10.000. (Red3/Kuliner).

Editor : Irene Indah

TAG :,

Leave a Reply

Statistik Situs
  • Total halaman dikunjungi: 51,792