Disdukcapil Kota Tegal Terapkan Digital ID

DIGITAL : Kepala Bidang Pengelolaan Informasi Administrasi Kependudukan dan Pemanfaatan Data Disdukcapil Kota Tegal, Tunggal Prayitno, S.IP menuturkan Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kota Tegal (Disdukcapil) Kota Tegal telah menerapkan Digital ID untuk masyarakat Kota Tegal. (Beenews.id/Humas DPRD Kota Tegal)

TEGAL – Semakin berkembangnya teknologi, Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kota Tegal (Disdukcapil) Kota Tegal telah menerapkan Digital ID untuk masyarakat Kota Tegal.

Digital ID pada dasarnya memindahkan informasi data KTP-el dari bentuk fisik menuju digital yang dapat disimpan di smartphone.

Hal tersebut dijelaskan secara langsung oleh Kepala Bidang Pengelolaan Informasi Administrasi Kependudukan dan Pemanfaatan Data Disdukcapil Kota Tegal, Tunggal Prayitno, S.IP dalam Sapa Kota Tegal Sebayu FM, Rabu (1/2/2023).

“Digital ID mempermudah masyarakat dalam verifikasi data dan mempermudah pengaksesan saat berada di pelayanan publik karena tidak memerlukan KTP dalam bentuk fisik lagi,” terangnya.

Tak Hanya KTP, masyarakat dapat mengakses Kartu Keluarga (KK), Serifikat Vaksin, Pajak Kendaraan, Kartu BPJS, dan lainnya hanya dengan satu aplikasi yang dapat diunduh di playstore.

“Masyarakat tidak perlu lagi membawa banyak kartu identitas ketika keluar rumah. Cukup bawa satu HP dan beberapa kartu identitas sudah dapat diakses,” ujar Tunggal.

Bagi masyarakat yang ingin kartu identitasnya beralih menjadi digital, dapat langsung mengunduh aplikasinya di playstore.

“Setelah download, langsung mengisi NIK, e-mail, No Hp, dan swafoto,” jelasnya.

Nantinya setelah berhasil verifikasi, masyarakat akan mendapatkan barcode yang bisa di scane di Kantor Kecamatan maupun di Disdukcapil.

Perlu diperhatikan bahwa satu perangkat (HP) hanya bisa dignakan untuk satu orang. Hal ini dilakukan sebagai bentuk perlindungan data diri masing-masing individu.
(Red2/Teknologi)

Advertisements

Editor : Irene Indah

TAG :, , ,
Statistik Situs
  • Total halaman dikunjungi: 116,743