Dinkopumdag Brebes Gandeng Akademisi Guna Pemasaran UMKM

PENDAMPINGAN : Kepala Bidang Usaha Mikro Lusiana Indira Isni saat membuka Program Maching Fund 2023 Pendampingan Perluasan Market Share LAPAKEMANE di Pendopo Brebes.(Beenews.id/zuhud)

BREBES – Upaya Dinas Koperasi Usaha Mikro Kecil dan Perdagangan Brebes dalam pemasaran digital bagi Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) Kabupaten Brebes dengan menggandeng akademisi. Wujud dari itu, pihaknya bekerjasama dengan tim Dosen dari Semarang melalui program hibah Matching Fund (MF).

“Kami berkolaborasi dengan dosen dari Politeknik Negeri Semarang (Polines), Universitas Semarang (USM), dan Universitas Negeri Semarang (Unnes) untuk meningkatkan penjualan UMKM di Kabupaten Brebes melalui Lapakemane,” kata Kepala Dinas Koperasi Usaha Mikro dan Perdagangan Kabupaten Brebes lewat Kepala Bidang Usaha Mikro Lusiana Indira Isni saat membuka Program Maching Fund 2023 Pendampingan Perluasan Market Share LAPAKEMANE di Pendopo Brebes, Senin (06/11) siang.

Kegiatan yang digelar antara lain seperti bazar, pameran produk, pelatihan pengemasan produk, pengurusan izin usaha, sertifikat Pangan Industri Rumah Tangga (P-IRT), sertifikat BPOM, sertifikat Halal, pelatihan pengelolaan keuangan, dan lain sebagainya.

“Bukan hanya itu yang digarap UMKM untuk meningkatkan kualitas produk, namun harus selalu berinovasi untuk mengembangkan usahanya,” kata Lusi.

Matching Fund yang mengangkay tema Scale Up Penjualan Sentra Produk UMKM Kabupaten Brebes melalui Pengembangan Pasar Digital “Lapakemane” dipimpin Kenneth Pinandhito.

“Kami para dosen turun gunung menunaikan amanat program dari Kemendikbudristek berupa Matching Fund 2023 khusus untuk Lapakemane,” ungkap Kenneth.

Dosen didorong untuk dapat berinovasi dan bermitra dengan Dunia Usaha Dunia Industri (DUDI) untuk meningkatkan kinerjanya. Ada beberapa rangkaian acara Matching Fund yang dilaksanakan, yaitu pendampingan foto produk 21 Oktober 2023 dengan narasumber dari Ureka Studio Semarang.

Pendampingan penguatan penggunaan teknologi sekaligus launching pasar digital “Lapakemane” yang dapat diakses melalui website lapakemane.com pada 23 Oktober 2023 di Hotel Dedy Jaya Brebes. Dan pendampingan perluasan market share pada 6 November 2023 di Pendopo Brebes, sebagai upaya optimalisasi sosial media Instagram @Lapakemane.

Kegiatan ini dengan diikuti setidaknya 60 pelaku UMKM di Kabupaten Brebes, Dinas Koperasi Usaha Mikro dan Perdagangan Kabupaten Brebes, dan juga mitra Lapakemane.

Ketua pelaksana kegiatan pendampingan perluasan market share Bayu Setyo Nugroho berharap lewat pendampingan ini mampu mengantarkan UMKM Kabupaten Brebes go nasional bahkan internasional.

Advertisements

Ketua Lapakemane Brebes Muh Firdhan Fachrudin menambahkan, Lapakemane dibuat sebagai wadah bagi para pelaku UMKM di Kabupaten Brebes. Lapakemane yang berlokasi di Jalan Singosari Panotoyudo, Kauman Brebes, menampung berbagai produk UMKM untuk membantu menjual dan mempromosikan produk-produknya.

“Lapakemane dibawah binaan Dinas Koperasi Usaha Mikro dan Perdagangan Kabupaten Brebes. Tujuannya untuk memfasilitasi UMKM di Kabupaten Brebes agar bertambah maju, berkembang, dan omzetnya meningkat,” pungkas Firdhan.(Red3/Bisnis)

Editor : Irene Indah

TAG :, ,
Statistik Situs
  • Total halaman dikunjungi: 119,701