Dekatkan Pelayanan Masyarakat, City Walk Disulap Jadi Pusat Wisata Pelayanan Publik

SIMBOLIS : Wali Kota Tegal Dedy memberikan piagam penghargaan kepada instansi yang turut berpartisipasi dalam Wisata Pelayanan Publik secara simbolis. (BeeNews.id/Humas Pemkot Tegal)

TEGAL – Untuk lebih mendekatkan pelayanan kepada Masyarakat, Pemerintah Kota (Pemkot) Tegal, dengan menggandeng instansi-instansi terkait, instansi vertikal dan lembaga perbankan menyulap City Walk Tegal, di Jl. Ahmad Yani menjadi pusat Wisata Pelayanan Publik.

Tempat Wisata Pelayanan Publik tersebut dibuka langsung oleh Wali Kota Tegal, H. Dedy Yon Supriyono, di City Walk Kota Tegal, Jl. Ahmad Yani, Selasa (4/10/2022).

“Alhamdulillah hari ini kita dapat menyelenggarakan Wisata Pelayanan Publik yang kali ini diikuti oleh seluruhnya 39 instansi, mulai dari perbankan, BUMN, hingga Instansi-instansi dari Pemkot Tegal,” ujar Wali Kota Tegal.

Salah satu tujuan diadakannya Wisata Pelayanan Publik ini adalah untuk semakin mendekatkan diri dengan masyarakat serta memudahkan masyarakat untuk mendapatkan pelayanan dari instansi-instansi pelayan publik ini.

Di sepanjang City Walk, diisi oleh 39 mobil pelayanan dari berbagai Pelayanan yang ada di Kota Tegal.

Jika di hari-hari lain, saat masyarakat ingin membayar pajak kendaraan bermotor dan mengurus kartu keluarga harus datang ke dua kantor yang berbeda, dengan Wisata Pelayanan Publik ini masyarakat cukup datang ke jalan Ahmad Yani ini karena di sini sudah ada stand dari Samsat dan Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Disdukcapil) Kota Tegal, yang siap melayani Masyarakat Kota Tegal.

Dedy mengumpamakan Wisata Pelayanan Publik di City Walk Kota Tegal, seperti toko serba ada untuk pelayanan publik. Ia mencontohkan pengurusan pembayaran informasi PDAM, pemasangan internet dengan Telkom, termasuk jika ingin mencari informasi pembuatan pasport, atau informasi terkait keimigrasian, ada pihak imigrasi yang siap melayani.

Pada kesempatan tersebut, Dedy Yon mengapresiasi kepada Dinas Penanaman Modal dan Pelayanan Terpadu Satu Pintu (DPMPTSP) Kota Tegal yang telah memfasilitasi penyelenggaraan kegiatan Wisata Pelayanan Publik tersrbut.

Kegiatan ini adalah inovasi yang sangat baik dalam upaya kita untuk memberikan pelayanan yang terbaik kepada masyarakat.

“Saya harap kegiatan ini dapat menjadi agenda rutin setiap tahun dan di tahun-tahun yang akan datang bisa lebih banyak lagi instansi yang ikut berpartisipasi dalam kegiatan ini,” harap Wali Kota Tegal.

Advertisements

Kepala Dinas Penanaman Modal dan Pelayanan Terpadu Satu Pintu, (DPMPTSP) Kota Tegal, Sartono Eko Saputro, dalam kesempatan tersebut menyampaikan dari 39 lembaga, instansi yang mengikuti Wisata Pelayanan Publik tersebut jumlah layanan public yang di sajikan adalah 113 layanan.

Sedangkan untuk waktu operasional wisata pelayanan publik akan di laksanakan setiap hari kerja, hari Senin-Jum’at mulai pukul 12.00 – 16.00 WIB.

Saat ini telah tergabung 39 instansi yang berpartisipasi yaitu:

  1. Kepolisian Resor Tegal Kota
  2. Kantor Imigrasi Kelas I non TPI Pemalang
  3. Kantor Pertanahan Kota Tegal
  4. KPP Pratama Tegal
  5. Kantor Pengawasan dan Pelayanan Bea dan Cukai Kota Tegal
  6. BNN Kota Tegal
  7. Kantor Otoritas Jasa Keuangan Tegal
  8. Bank Indonesia Tegal
  9. Bank Jateng Cabang Koordinator Tegal
  10. Bank BRI Cabang Tegal
  11. Bank Mandiri
  12. Bank BNI Cabang Tegal
  13. Bank BTN Cabang Tegal
  14. Bank Jabar Banten Cabang Tegal
  15. Bank Muamalat Indonesia Cabang Tegal
  16. Bank Syariah Indonesia Cabang Tegal
  17. Bank Mandiri Taspen Cabang Tegal
  18. PDAM Kota Tegal
  19. BPJS Ketenagakerjaan Cabang Tegal
  20. BPJS Kesehatan Cabang Tegal
  21. PT. PLN (persero) Area Tegal
  22. PT. Taspen (persero) Cabang Pekalongan
  23. PT. Pos Indonesia (persero) Cabang Tegal
  24. PT. Pegadaian (persero) Cabang Tegal
  25. PT. Telekomunikasi Indonesia (Telkom) Cabang Tegal
  26. Samsat Kota Tegal
  27. PMI Kota Tegal
  28. Baznas Tegal
  29. Badan Keuangan Daerah Kota Tegal
  30. Dinas Kesehatan Kota Tegal
  31. Disdukcapil Kota Tegal
  32. Dishub Kota Tegal
  33. Dinas Lingkungan Hidup Kota Tegal
  34. DPPKBP2PA Kota Tegal
  35. Dinas Arpus Kota Tegal
  36. DPMPTSP Kota Tegal
  37. BPBD Kota Tegal
  38. Disnakerin Kota Tegal
  39. Dinas Sosial Kota Tegal

Penempatan mobil layanan yang ada dilaksanakan dengan pendekatan kemudahan koordinasi layanan serta mendekatkan pada sumber daya listrik dan jaringan internet yang di perlukan oleh masing-masing kendaraan.

Kepala DPMPTSP Kota Tegal menjelaskan bahwa untuk tetap menjaga ketertiban dan keteraturan di sepanjang City Walk Jl. Ahmad Yani maka parkir kendaraan disediakan tempat di Pasar Pagi serta halaman eks Bank BHS Kota Tegal.

Sedangkan untuk memonitor dan mengevaluasi pelaksanaan wisata pelayanan publik akan di laksanakan dengan leading sektor Bagian Organisasi Setda Kota Tegal untuk selanjutnya dilaporkan kepada Wali Kota secara periodik.

Dalam kesempatan itu, Wali Kota memberikan piagam penghargaan kepada instansi yang turut berpartisipasi dalam Wisata Pelayanan Publik secara simbolis.
(Red2/Pemerintahan)

Editor : Irene Indah

TAG :, , ,
Statistik Situs
  • Total halaman dikunjungi: 123,442