Dedy Yon: Jadikan Baznas Ujung Tombak Inspirator Masyarakat

AMANAH : Wali Kota Tegal Dedy Yon menyampaikan ucapan selamat kepada pimpinan Baznas yang baru dilantik dan dikukuhkan dan berharap para pengurus baru mampu mengemban amanah untuk berbakti dengan tulus untuk memajukan Kota Tegal. (BeeNews.id/Humas Pemkot Tegal)

TEGAL – Badan Amil Zakat Nasional (Baznas) Kota Tegal diminta sebagai ujung tombak inspirator bagi seluruh masyarakat. Utamanya dalam menumbuhkan kepedulian dan membantu sesama.

Hal tersebut diungkapkan Wali Kota Tegal, H. Dedy Yon Supriyono pada acara Pelantikan Pimpinan Baznas Kota Tegal masa bakti 2022-2027 di Ruang Adipura, Jum’at (17/6/2022).

Dedy Yon resmi melantik Pimpinan Baznas berdasar Surat Keputusan Wali Kota Tegal Nomor 451.1.12/064/2022 tentang Penetapan Ketua dan Wakil Ketua Baznas Kota Tegal Periode 2022-2027. Susunan kepengurusan yakni Ketua Harun Abdi Manaf, Wakil Ketua I Gito Mursriyono, Wakil Ketua II Akrom Khafid, Wakil Ketua III Herlien Tedjo Oetami dan Wakil Ketua IV Ade Dian Is Kurniasih.

Pada acara pelantikan yang juga dihadiri Forum Komunikasi Pimpinan Daerah (Forkopimda) dan Sekretaris Daerah Kota Tegal, Wali Kota Tegal, Dedy Yon meminta kepada para pengurus Baznas untuk menjadikan Baznas ini sebagai ujung tombak inspirator bagi seluruh masyarakat, dalam menumbuhkan kepedulian dan membantu sesama.

“Melalui baznas, masyarakat dapat menyalurkan zakat, infaq dan sodaqoh untuk membantu saudara yang lain yang membutuhkan, termasuk kemiskinan,” pungkas Dedy Yon.

“Pada kesempatan ini, saya atas nama pribadi, masyarakat dan Pemerintah Kota Tegal, mengucapkan selamat kepada seluruh pimpinan Baznas yang dilantik dan dikukuhkan pada hari ini. Semoga para pengurus baru mampu mengemban amanah untuk berbakti dengan setulus hati demi memajukan Kota Tegal yang kita cintai ini,” tutur Wali Kota Tegal.

Ketua Baznas Provinsi Jawa Tengah, KH. Ahmad Darodji yang hadir dalam acara pelantikan tersebut menyampaikan ucapan terimakasih kepada pengurus lama, atas pengabdiannya dalam melaksanakan tugas di Baznas Kota Tegal.

Ahmad Darodji menyampaikan bahwa Baznas merupakan Lembaga Pemerintah Non Struktural. Ia menyampaikan bahwa dalam pelaksanaanya Baznas Kota Tegal harus berkoordinasi dengan Pemerintah Kota Tegal.

Ia berpesan bahwa, Baznas harus bisa membantu Pemerintah pada kegiatan-kegiatan pemberian bantuan yang tidak dicover Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah (APBD) II, sebab menurutnya Baznas bisa lebih fleksibel untuk memberikan bantuan yang bersifat darurat.

Ketua Baznas Provinsi Jawa Tengah mencontohkan bantuan yang diberikan untuk orang sakit, dan RTLH dalam keadaan darurat, yang tidak bisa tercover APBD II, bisa dibantu oleh Baznas.

Advertisements

Disisi lain, Ahmad Darodji juga berharap kepada Pemerintah Kota Tegal melalui Wali Kota untuk mendorong Aparatur Sipil Negara (ASN) untuk menyalurkan zakatnya melalui Baznas Kota Tegal.
(Red2/Organisasi)

Editor : Irene Indah

TAG :, , , ,
Statistik Situs
  • Total halaman dikunjungi: 115,323