Dapur Terbakar, Satu Ton Bawang Merah Ludes

KEBAKARAN : Kondisi pasca kebakaran dapur rumah seorang petani bawang yang mengalami kerugian sekitar Rp. 70 juta, akumulasi dari 1 ton bawang merah. Dengan dibantu personil TNI 07 Bulakamba Kodim 0713 Brebes dan damkar beserta para warga.(BeeNews.id/Doc).

BREBES – Dapur rumah milik warga bernama Wasikin, seorang petani bawang merah di Desa Tegalglagah RT. 03 RW. 04, Kecamatan Bulakamba, Kabupaten Brebes, Jawa Tengah, dilahap si jago merah dengan dahsyat saat sedang ditinggal pemiliknya pergi ke sawah menyiapkan lahan tanam. Selasa (7/2).

Menurut Danramil 07 Bulakamba Kodim 0713 Brebes Kapten Infanteri Sutarno, bahwa dari keterangan para saksi, awalnya pada Senin 6 Februari 2023 sekitar pukul 21.00 WIB, Wasikin melakukan pengasapan bawang di dapur untuk rencananya akan ditanam di lahan seluas 3 petak atau kurang lebih seperempat bahu.

“Sekitar jam enam Selasa pagi, anak Pak Wasikin melihat adanya kobaran api kecil di sekitar tempat pengasapan bawang sehingga dilakukan pemadaman sendiri menggunakan air dan ember. Karena yakin api sudah padam maka rumah ditinggal ke sawah sekitar jam tujuh pagi,” bebernya.

Kemudian, pada pukul 10.40 WIB kebakaran pun terjadi. Warga sekitar berusaha memadamkan api dengan peralatan seadanya.

“Api dapat dipadamkan sekitar 1 jam kemudian setelah dibantu 1 unit mobil Damkar Kabupaten Brebes,” sambungnya.

Alhamdulillah tidak ada korban jiwa atas musibah tersebut, namun kerugian harta benda diperkirakan mencapai Rp. 70 juta, akumulasi dari 1 ton bawang merah, peralatan elektronik dan rumah tangga, dan 1 unit pompa diesel penyedot air.

“Babinsa kami bersama perangkat desa kembali melakukan himbauan kepada warga agar lebih berhati-hati dan teliti sebelum meninggalkan rumah untuk beraktifitas, baik itu memastikan api perapian/kompor atau instalasi listrik apakah benar-benar sudah aman/padam,” tandasnya. (Red3/Umum).

Editor : Irene Indah

TAG :,
Statistik Situs
  • Total halaman dikunjungi: 71,042