Cek Yuk! Tips Merawat Laptop agar Lebih Awet.

MENGHINDARI : Biarkan laptop setelah dimatikan selama beberapa menit. Kemudian ketika suhu rendah, baru boleh ditutup layar laptop anda guna menghindari kerusakan layar secara cepat.(BeeNews.id/ZuhudBudiaji).

BREBES – Jika Anda sering mengalami masalah dengan laptop Anda, mungkin cara menggunakan laptop dengan cara yang salah dan tidak menyadari itu bisa cepat rusak. Mungkin selama ini Anda menggunakan laptop di luar kemampuannya.
Namun, agar laptop tetap awet, Anda perlu mengetahui tips yang telah BeeNews.id rangkum tentang merawat laptop agar tidak cepat rusak.

1. Jangan bermain Laptop di atas kasur

Seberapa sering Anda membuka laptop di kasur atau bantal? Jika iya, jangan salahkan jika laptop cepat rusak. Menempatkan atau menggunakan laptop di permukaan yang lembut hanya akan menghalangi sirkulasi udara di bagian bawah laptop dan mencegah kelancaran pengoperasian. Udara yang dikeluarkan akan sangat sulit keluar karena tertahan oleh badan kasur.

Akibatnya, udara panas yang terbuang berputar kembali ke laptop Anda dan membuat komponen laptop semakin panas. Laptop bisa dengan mudah rusak ketika komponen di dalam laptop kepanasan. Sebaiknya letakkan laptop di permukaan yang datar agar aliran udara dapat berjalan dengan lancar. Lebih bagus lagi dibawah laptop diberikan pendingin atau kipas tambahan untuk laptop.

2. Jangan Taruh Minuman Dekat Laptop

Di tempat kerja, kita memang membutuhkan makanan dan minuman untuk tetap fokus hingga pekerjaan selesai. Namun, menempatkan minuman di dekat laptop Anda sama saja dengan membahayakan laptop Anda. Jika tangan Anda tidak sengaja menyentuh kaca dan isinya tumpah ke laptop, laptop Anda bisa langsung rusak.

Jadi cobalah untuk menjaga kaca sejauh mungkin dari laptop. Hal ini untuk menghindari kemungkinan terjadinya percikan air pada laptop.

3. Berikan jeda waktu istirahat untuk laptopmu

Walaupun laptop juga merupakan perangkat elektronik, bukan berarti Anda bisa menggunakannya terus menerus tanpa henti ya. Laptop juga perlu istirahat untuk mendinginkan komponen internalnya dan terhindar dari kerusakan dini.

Apalagi jika Anda sudah menggunakan laptop selama 3-6 jam, coba diamkan setidaknya selama 15-30 menit. Anda hanya perlu istirahat setelah hampir seharian bekerja dan membawa laptop, bukan?

4. Jangan sampai kehabisan baterai

Saat menggunakan laptop, jangan terlalu bersemangat hingga baterai benar-benar terkuras atau kekurangan daya listrik. Isi daya baterai laptop segera sebelum menunjukkan 20% digital. Membiarkan baterai sering terkuras hanya akan mempercepat masa pakai baterai itu sendiri.

Lebih baik lagi jika Anda selalu memeriksa kondisi baterai Anda dan mengisinya sebelum habis. Kemudian isi daya baterai hingga penuh, jangan biarkan terisi daya saat baterai penuh.

5. Sering meng-charge baterai walaupun laptop tidak dipakai

Jangan lupa untuk mengisi baterai saat Anda tidak menggunakan laptop untuk sementara waktu. Karena baterai yang terpasang di laptop akan berkurang kapasitasnya meski tidak digunakan. Ini adalah salah satu cara untuk merawat laptop Anda, terutama untuk menghindari kerusakan baterai yang cepat.

Advertisements

Anda dapat melindungi laptop Anda dari kelembaban dengan mengisi baterai laptop secara teratur. Udara hangat yang muncul saat baterai laptop sedang diisi dayanya dapat mencegah tumbuhnya jamur. Jadi usahakan untuk mengisi baterai secara rutin setiap 2-3 minggu sekali saat laptop jarang digunakan.

6. Matikan laptop sebagaimana mestinya

Mematikan laptop dengan benar berarti sudah sesuai dengan aturan yang berlaku. Ini juga salah cara untuk merawat laptop Anda agar tidak rusak dalam waktu dekat. Jangan sekali-kali mematikan laptop dengan menekan tombol power secara langsung, tetapi klik tombol power terlebih dahulu, lalu klik Shut Down. Laptop juga perlahan dimatikan oleh sistem.

Ketika Anda mencoba mematikan laptop Anda tanpa mengikuti aturan ini atau dengan paksaan, itu dapat mempercepat terjadinya kerusakan prosesor atau mesin di dalam laptop. Jika hal ini terjadi, Anda akan mengeluarkan biaya yang cukup mahal untuk memperbaiki laptop tersebut.

7. Jangan pernah menutup layar laptop langsung

Untuk menghindari cepat rusaknya laptop anda, mohon untuk dihindari mematikan layar laptop secara langsung setelah selesai, karena udara panas yang keluar dari permukaan keyboard akan langsung mengenai layar yang dapat berakibat fatal dan dapat menyebabkan kerusakan pada layar.

Biarkan laptop setelah dimatikan selama beberapa menit, kemudian ketika suhu rendah, baru boleh ditutup layar laptop anda guna menghindari kerusakan layar secara cepat.

Itulah beberapa tips ulasan dari Jurnalist BeeNews.id tentang cara merawat laptop yang benar. Semoga bermanfaat, ya..
(Red3/Umum)

Editor : Ahmad Wachidin

TAG :
Statistik Situs
  • Total halaman dikunjungi: 115,339