Cara Agar Laptop Bekerja Dengan Maksimal dan Cepat

UPGRADE : Daripada dijual atau beli baru mending di upgrade saja. Dan yang paling penting, jauh lebih hemat dibanding membeli laptop baru.(BeeNews.id/ZuhudBudiaji).

BREBES – Punya laptop yang sering digunakan untuk keperluan yang cukup berat? Daripada beli lagi atau dibuang lebih baik kamu rawat kembali agar masih bisa tetap digunakan. Banyak cara kok untuk ‘mempercepat’ kinerja kembali laptop kamu.

Ya walaupun tidak sebagus laptop baru, setidaknya masih bisa kamu gunakan untuk sekedar mengetik, mengerjakan tugas, browsing, dan editing foto atau video. Yuk, cek kembali laptop kamu. Inilah cara agar laptop bekerja dengan maksimal dan cepat

1. Bersihkan laptop dari debu

Namanya juga laptop, pasti ada saja debu yang menempel dimanapun. Entah di layar, keyboard, atau bahkan di bodinya sendiri. Menumpuknya debu di bagian dalam maupun luar laptop juga dapat mempengaruhi performa laptop kamu loh. Oleh karena itu, ada hal yang pertama harus kamu lakukan yaitu membersihkannya dari debu-debu yang menempel.

Untuk debu di bagian dalam laptop, kamu bisa membongkarnya sendiri atau meminta bantuan teknisi dan tukang service laptop untuk membersihkannya. Namun ingat, saat melakukannya sendiri, kamu harus benar-benar hati-hati dalam membongkarnya, karena kalau salah langkah, bisa jadi membuat laptopmu malah rusak dan tidak bisa digunakan lagi.

2. Upgrade RAM

Jika memungkinkan dan versi laptop kamu masih bisa di-upgrade, ada baiknya kamu meningkatkan performa laptopmu dengan cara meningkatkan atau meng-upgrade kapasitas RAM-nya ke ukuran yang lebih besar dan versi lebih baru, yang tentunya masih kompatibel dengan kekuatan laptopmu. Usahakan pilih tipe RAM DDR3 atau DDR4.

3. Ganti HDD ke SSD

Walaupun harganya lebih mahal, lebih baik kamu mengganti memori laptop dari HDD menjadi SSD. Karena, SSD ini bisa memberikan performa jauh lebih kencang dibandingkan dengan HDD. Hal ini juga dilakukan untuk meningkatkan kembali performa laptop kamu agar bekerja lebih maksimal.

Itulah beberapa cara yang bisa dilakukan untuk membuat laptop agar menjadi lebh maksimal dan cepat dalam kamu bekerja. Langkah terakhir, kamu juga bisa menginstal sistem operasi (OS) Linux di laptop kamu. Bila dibandingakan dengan sistem operasi (OS) lainnya, system operasi Linux juga tidak membutuhkan spesifikasi laptop yang tinggi agar bisa dijalankan di sebuah laptop.

Selain lisensinya gratis dan tidak mudah terkena virus, beberapa aplikasi penting seperti browser, office, hingga pemutar musik dan video dapat kamu instal dengan mudah tanpa khawatir dengan masalah lisensi.

Nah, bagaimana? Cukup mudah dilakukan, bukan? Dijamin laptop kamu dapat digunakan dan lebih maksimal dari sebelumnya. Daripada dijual atau beli baru mending di upgrade saja. Dan yang paling penting, jauh lebih hemat dibanding membeli laptop baru.
(Red3/Elektronik)

Editor : Irene Indah

Advertisements
TAG :,
Statistik Situs
  • Total halaman dikunjungi: 121,223