Cara Agar Anak Semangat Kembali Bersekolah Setelah Liburan

TANTANGAN : Kembali masuk sekolah usai liburan bisa menjadi hari penuh tantangan bagi siswa, orangtua, maupun guru. Setelah menikmati banyak waktu santai selama liburan semester mulai dari menikmati waktu bersama keluarga di rumah, bertamasya dan lain sebagainya. (BeeNews.id/doc)

TEGAL – Libur panjang anak sekolah telah usai, anak-anak harus mulai kembali ke sekolah. Namun, mungkin ada yang semangatnya untuk bersekolah belum kembali karena masih terbiasa dengan suasana libur panjang.

Anak-anak yang terbiasa dengan suasana bermain selama musim liburan membuat mereka sulit berkonsentrasi ketika waktunya sekolah tiba. Ini karena anak belum siap menerima pelajaran di sekolah.

Tapi tak perlu khawatir, para orang tua bisa bantu bangkitkan semangat anak untuk kembali ke sekolah dengan berbagai cara. Berikut beberapa cara untuk membangkitkan semangat anak bersekolah.

1. Peralatan Sekolah Baru

Tak semua peralatan sekolah harus dibeli baru, namun menyiapkan peralatan sekolah dengan yang baru akan efektif membantu anak untuk semangat kembali menjalankan aktivitas sekolahnya. Peralatan tersebut meliputi alat tulis atau bahkan seragam baru, ini mampu membangun suasana baru bagi sikecil agar semangat sekolah.

2. Perbaiki Jam Tidur

Libur panjang membuat jam tidur anak menjadi terganggu, jam tidur yang tak teratur akan berpengaruh besar terhadap konsentrasi anak di sekolah. Agar anak semangat lagi ke sekolah setelah libur panjang, orang tua harus mampu memperbaiki jam tidur anak menjadi normal kembali dan hindari bergadang.

3. Ajak Bicara

Untuk kembalikan semangat anak ke sekolah setelah libur panjang, ada baiknya mengajak anak bicara hal-hal yang positif tentang sekolah seperti membahas tentang teman-teman, pelajaran baru, hingga jajanan di sekolah. Jangan lupa untuk dengarkan juga segala unek-unek anak mengenai sekolah, jangan lupa tambahkan hal-hal positif agar membangkitkan semangat anak tentang sekolah.

4. Bikin makanan yang lucu-lucu

Agar semangat anak kembali naik saat sekolah setelah libur panjang, kamu bisa mengiming-imingi si kecil dengan membuatkan makanan favoritnya. Kamu bisa membuat makanan dengan bentuk yang lucu-lucu untuk sarapan atau bekal anak di sekolah, jangan lupa tambahkan sayuran dan buah-buahan agar gizinya tetap terpenuhi.

5. Adakan lomba kecil-kecilan

Adakan lomba kecil-kecilan antara orang tua dengan anak, lomba ini bisa jadi lomba bangun lebih pagi, lomba makan cepat, lomba mengerjakan PR ataupun lomba adu cepat memakai seragam sekolah.

Janjikan hadiah-hadiah menarik untuk sang anak jika ia menang, kamu bisa memberikan hadiah berupa makanan favorit, hingga alat tulis dengan tokoh kartun favoritnya.

Kamu bisa membuat lomba dan menghadiahkan apapun yang mampu membangkitkan semangat anak untuk kembali sekolah setelah libur panjang.
(Red2/Motivasi)

Advertisements

Editor : Irene Indah

TAG :,
Statistik Situs
  • Total halaman dikunjungi: 115,344