Candi-candi di Dataran Tinggi Dieng

KAWASAN : Kawasan Candi Arjuna Dieng yang diselimuti kabut pada pagi hari. (BeeNews.id/doc)

WONOSOBO – Candi Dieng merupakan sebuah kompleks candi yang berasal agama Hindu-Siwa, terletak di tanah dataran tinggi Dieng. Dengan ketinggian 2000 meter diatas permukaan laut, berukuran panjang 1 km dan lebar 0,8 km.

Keberadaaan candi-candi di Dieng tidak berada di satu lokasi saja, penemuan candi-candi itu pun tidak bersamaan.

Dikutip dari detikJateng, Juru bicara kawasan Dieng Balai Pelestarian Cagar Budaya (BPCB) Jawa Tengah Tusar menyebut saat ini ada 10 candi yang berada di dataran tinggi Dieng. Terbaru ditemukan adalah Candi Kunthi yang berada di area rumah Budaya Dieng.

Sebelumnya ada 9 candi, tetapi sekarang menjadi 10 candi setelah ada penemuan Candi Kunthi di area rumah Budaya Dieng beberapa waktu lalu.

Selain candi Kunthi ada lima candi yang berada disatu lokasi. Yakni Candi Arjuna, Candi Semar, Candi Srikandi, Candi Puntadewa dan Candi Sembadra.

“Ada lima candi yang berada di satu lokasi. Tetapi masih ada candi lain yang berada di sekitar kompleks Candi Arjuna, seperti Candi Setyaki, Candi Gatotkaca,” jelasnya.

Selain candi tersebut, terdapat candi yang berada di area permukiman warga. Yakni Candi Dwarawati dan Candi Bima yang berada di jalur ke Kawah Sikidang.

“Ada dua candi yang tidak berada di sekitaran komplek Candi Arjuna. Yaitu Candi Dwarawati ini berada di area pemukiman warga, dan Candi Bima yang berada di jalur ke Kawah Sikidang,” terangnya.
(Red2/Wisata)

Editor : Irene Indah

TAG :, , ,
Statistik Situs
  • Total halaman dikunjungi: 121,446