5 Tempat Wisata di Jawa Timur yang Wajib Dikunjungi

BROMO: Salah satu destinasi yang wajib kamu kunjungi ketika ke wilayah Malang, Batu atau Pasuruan di Jawa Timur adalah Gunung Bromo. Keindahan pemandangan dan sejuknya udara tak akan terlupakan.(BeeNews.id/Wildan Rizkiyadi)

BLITAR – Jawa Timur, sebagai salah satu provinsi terbesar di Indonesia, menjadi tujuan wisata favorit bagi turis domestik dan mancanegara. Beragam destinasi wisata yang dimiliki provinsi ini menawarkan berbagai pengalaman menarik. Berikut adalah beberapa rekomendasi tempat wisata di Jawa Timur yang wajib dikunjungi:

1. Candi Penataran

Jika Anda ingin mengenalkan budaya Indonesia yang kaya dan beragam kepada anak-anak, kunjungilah Candi Penataran di Kabupaten Blitar, dekat Gunung Kelud. Kompleks candi yang dibangun oleh tiga generasi kerajaan ini adalah yang terbesar di Jawa Timur. Relief yang terdapat di candi ini mengisahkan cerita Anoman Obong, kehidupan zaman kerajaan, dan beberapa relief yang menggambarkan bangsa asing.

Masuk ke kawasan ini tidak dikenakan biaya, cukup dengan memberikan donasi dan mengisi buku tamu. Setiap empat bulan sekali, pada malam purnama, diadakan pertunjukan seni yang mendatangkan seniman dari berbagai daerah dan mancanegara. Lokasi Candi Penataran berada di Desa Penataran, Nglegok, Blitar, Jawa Timur.

2. Desa Jodipan

Desa Jodipan adalah destinasi populer di Malang, Jawa Timur. Terletak tidak jauh dari Alun-Alun Kota Malang, desa ini mudah dijangkau dan menawarkan pemandangan bangunan berwarna-warni dengan mural dan payung yang menggantung di atas jalanan. Desa ini dikenal sebagai Kampung Pelangi karena keindahan dan keunikan dekorasinya. Lokasi Desa Jodipan ada di Gang 1, Desa Jodipan, Kecamatan Blimbing, Kota Malang.

3. Gunung Bromo

Gunung Bromo adalah salah satu destinasi wisata alam terpopuler di Jawa Timur. Menyaksikan matahari terbit di sini merupakan pengalaman yang tak terlupakan. Dengan pemandangan yang menakjubkan dan akses yang relatif mudah, Bromo menjadi favorit banyak orang. Anda bisa naik mobil jeep menuju puncak, dan jika ingin pengalaman berbeda, bisa menyewa kuda dari masyarakat lokal. Gunung Bromo secara administratif terletak di Podokoyo, Tosari, Pasuruan, Jawa Timur.

4.  Jatim Park 1, 2, dan 3

Kota Batu di Malang menawarkan Jatim Park 1, 2, dan 3 yang merupakan taman bermain dengan berbagai wahana untuk anak-anak dan dewasa. Jatim Park 1 menawarkan beragam wahana bermain, Jatim Park 2 memiliki Batu Secret Zoo dan Museum Satwa, sedangkan Jatim Park 3 menawarkan berbagai zona seperti Little Amsterdam, Kampung Jepang, India, Korea, Forbidden City China, Dino Park, dan Zombie World. Lokasi Jatim Park tersebar di beberapa tempat di Kota Wisata Batu, Jawa Timur:

Jatim Park 1: Jl. Kartika No. 2
Jatim Park 2: Jl. Raya Oro-Oro Ombo No. 9
Jatim Park 3: Jl. Raya Ir. Soekarno No.144, Beji Junrejo

5. Monumen Simpang Lima Gumul

Mirip dengan Arc De Triomphe di Paris, Monumen Simpang Lima Gumul di Kediri menjadi ikon pariwisata setempat. Diresmikan pada tahun 2008, monumen ini menjadi tempat favorit untuk bersantai dan berfoto, terutama saat sore dan malam hari ketika dihiasi lampu-lampu indah. Lokasi Monumen Simpang Lima Gumul berada di Desa Tugurejo, Kecamatan Gampengrejo, Kediri, Jawa Timur.

Itulah beberapa rekomendasi wisata di Jawa Timur yang bisa Anda kunjungi bersama keluarga. Pastikan untuk tetap menjaga protokol kesehatan agar liburan tetap aman dan menyenangkan.
(Red1/Wisata)

Editor : Indah Setiawati

Advertisements
TAG :, , ,
Statistik Situs
  • Total halaman dikunjungi: 119,602