Bupati Tegal Dukung Pemasaran Produk Laptop Rakitan SMK

PERWAKILAN : Bupati Tegal foto bersama dengan perwakilan dari SMK Negeri 1 Bumijawa dan SMK Negeri 1 Dukuhturi. (BeeNews.id/Humas Pemkab Tegal)

Slawi – Bupati Tegal Umi Azizah mendukung pemasaran dan proses produksi laptop rakitan dua Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) Negeri di Kabupaten Tegal.

Menurutnya, kegiatan industri di lingkungan sekolah kejuruan ini selain menjadi peluang bisnis yang menguntungkan juga bisa mendidik dan membuka lapangan kerja baru di bidang perakitan alat elektronik.

Dukungan tersebut disampaikan Umi saat menerima audiensi perwakilan dua SMK Negeri tersebut di ruang kerjanya baru – baru ini. Melihat tampilan perangkatnya, Umi pun mengapresiasi produksi laptop karya anak SMK Negeri 1 Bumijawa dan SMK Negeri 1 Dukuhturi.

“Kemampuan anak – anak SMK merakit laptop sendiri sudah menjadi suatu keunggulan, terlebih ini bisa di branding dan diproduksi dalam jumlah banyak, tentunya kita patut mengapresiasi,” kata Umi.

Namun demikian, apresiasi saja menurutnya tidak cukup. Harus ada komitmen di masyarakat sebagai konsumen, termasuk pemerintahan untuk membeli dan menggunakan produk SMK tersebut.

Di tempat yang sama, Wakil Kepala Sekolah SMK Negeri 1 Dukuhturi Teguh Santoso mengungkapkan jika komponen elektronik pada laptop rakitan ini berasal dari Perusahaan Axioo dan Acer.

Sebelum memasuki fase produksi, kedua perusahaan tersebut memberikan pelatihan terpadu kepada siswa dan guru melalui program pendidikan untuk penyiapan tenaga terampil dengan mensinkronkan kurikulum sekolah dengan industri.

Selain itu juga menyelenggarakan workshop berkelanjutan bagi guru dan pembelajaran berbasis IT serta validasi sertifikasi bertaraf internasional.

Teguh menambahkan, jika dalam proses perakitan ini pihaknya menggandeng SMK Negeri 1 Bumijawa. Namun, masing – masing sekolah kemudian memilih membuat merek dagang sendiri. Saat ini, pihaknya sudah memroduksi 50 unit laptop.
(Red2/Pendidikan)

Editor : Lenny Kusuma Putri

Advertisements
TAG :, , , ,
Statistik Situs
  • Total halaman dikunjungi: 119,373