Bungpak, Alat Musik Tradisional Pemalang

LESTARI : Mari turut menjaga alat musik tradisional agar tetap terjaga kelestariannya. (BeeNews.id/doc)

PEMALANG – Adanya musik dalam kehidupan manusia membawa warna berbeda sehingga terasa lebih indah. Baik alat musik tradisional maupun modern, keduanya membawa nuansa berbeda dalam hidup.

Orang – orang lebih familiar dengan alat musik modern yang sudah berkembang seperti gitar, piano, drum dan yang lain sebagainya. Bagaimana dengan alat musik tradisional?

Setiap daerah memiliki alat musik yang menjadi ciri khas dari daerah itu sendiri. Bungpak atau Bungbak adalah salah satu alat musik tradisional yang berasal dari Pemalang.

Di tangan Slamet Cepet warga Kecamatan Pulosari, Kabupaten Pemalang, alat musik ini tercipta. Alat musik Bungpak terbuat dari bambu. Dengan beberapa variasi menghasilkan nada yang dapat digunakan untuk mengiringi Campursari, Duror Sholawat, Gending Jawa dan lain – lain.

Bungpak cukup unik walaupun cara pembuatan terbilang sederhana, akan tetapi bisa untuk mengiringi berbagai macam lagu. Alat musik ini berupa bambu yang memanjang dengan satu lubang di samping bentuknya hampir mirip kendang.

Untuk dapat membunyikannya, stik bambu menjadi sumber bunyi alat musik ini. Cara memainkannya hampir mirip dengan calung.
(Red1/Seni & Budaya)

Editor : Irene Indah

TAG :, ,
Statistik Situs
  • Total halaman dikunjungi: 119,631