Budayakan Makan Ikan di Kalangan Generasi Muda

KESADARAN : Ketua Forum Peningkatan Konsumsi Makanan Ikan, Roro Kusnabilla Erfa Dedy Yon menuturkan melalui kegiatan pelatihan pengolahan perikanan bagi ibu-ibu PKK, maka diharapkan tumbuh kesadaran masyarakat untuk mengkonsumsi ikan yang aman, sehat, dan halal baik dalam bentuk segar maupun olahan. (BeeNews.id/Humas Pemkot Tegal)

TEGAL – Untuk meningkatkan konsumsi ikan di Kota Tegal, maka membudayakan makan ikan di masyarakat terutama kalangan generasi muda adalah suatu keharusan.

Hal tersebut diungkapkan Ketua Forum Peningkatan Konsumsi Makanan Ikan, Roro Kusnabilla Erfa Dedy Yon saat Pelatihan Pengolahan Perikanan bersama Forum Peningkatan Konsumsi Makanan Ikan (Forikan) Sub Kegiatan Peningkatan Ketersediaan Ikam untuk Konsumsi dan Usaha Pengolahan Dalam 1 Daerah Kabupaten / Kota berlangsung di Auditorium Balai Pelatihan Penyuluhan dan Perikanan Kota Tegal, Rabu (7/9) pagi.

Roro juga menambahkan bahwa Penggerak PKK sangat berperan penting dalam memasyarakatkan ikan yang dapat dilakukan dengan cara mensosialisasikan di tingkat RT seperti di Posyandu dan Dasawisma.

“Saya berharap dengan pelatihan ini nanti ada diversifikasi terhadap menu harian yang berbahan ikan sehingga tidak timbul kebosanan terutama bagi anak-anak. Terciptanya inovasi baru menu berbahan baku ikan. Mencegah stunting dan meningkatkan angka konsumsi ikan di Kota Tegal,” ujar Roro.

Kepala Balai Pelatihan Penyuluhan Perikanan Tegal yang diwakilan kepada Sub Koordinator Pelatihan, Ahmad Harianto menyampaikan kepada peserta pelatihan agar memanfaatkan momen pelatihan dengan baik.

“Peserta agar bisa sungguh-sungguh, baik saat praktek dan belajar. Kami juga berharap setelah mengikuti pelatihan nantinya tumbuh wirausaha baru, baik untuk konsumsi ketahanan keluarga ataupun bisa untuk usaha,” ujar Ahmad.

Kepala Dinas Kelautan dan Perikanan, Pertanian dan Pangan Kota Tegal, Sirat Mardanus menyampaikan bahwa Kota Tegal adalah penghasil ikan, baik ikan laut ataupun ikan tambak, oleh karenanya bisa dimanfaatkan untuk ketahanan keluarga dan bisa dimanfaatkan untuk peningkatan usaha.

“Pelatihan ini diikuti oleh 80 peserta yang dibagai menjadi dua hari, hari ini dan besok. Hari ini ada 40 peserta. Selain itu kami bersamam Tim Penggerak PKK Kota Tegal melakukan kampanye gemar makan ikan, mudah mudahan kedepan akan lebih masif lagi,” ujar Sirat.
(Red2/Umum)

Editor : Irene Indah

TAG :, , , ,
Statistik Situs
  • Total halaman dikunjungi: 116,609