Baznas Kota Tegal Komitmen Tingkatkan Perolehan Zakat

PENGABDIAN : Walkot Tegal Dedy mengucapkan selamat ulang tahun kepada Baznas Kota Tegal, bertambah sukses. Semoga bertambahnya usia Baznas, bertambah pula pengabdian kepada umat, tetaplah menjadi yang terbaik dalam pengelolaan zakat umat. (BeeNews.id/Humas Pemkot Tegal)

TEGAL – Di usia ke- 21 tahun, Badan Amil Zakat Nasional (Baznas) Kota Tegal berkomitmen untuk meningkatkan perolehan zakat.

Ketua BAZNAS Kota Tegal H. Harun Abdi Manaf menyampaikan bahwa berkat dukungan Wali Kota Tegal dengan adanya Instruksi Wali Kota kepada kalangan ASN untuk menyalurkan Zakat, Infaq dan sedekah (ZIS) ke Baznas, sangat terasa dampaknya dalam capaian perolehan zakat.

“Kami terus bergerak dengan sosialisasi untuk ASN, karyawan BUMD dan selama lima tahun ini zakat mencapai Rp. 6,8 milyar. Harapannya kedepan, setiap bulan perolehan zakat tidak kurang dari Rp. 500 juta berbulan,” ujar Harun saat Tasyakuran HUT ke-21 Baznas dan Pentashorufan Mustahik Baznas Kota Tegal berlangsung di Ruang Adipura Kota Tegal, Kamis (27/1) pagi.

Dalam sambutannya Walikota Tegal H. Dedy Yon Supriyono memberikan penghargaan setinggi-tingginya kepada para muzaki teladan.

“Saya minta jaga terus ghiroh berzakat, sebab dengan berzakat harta kita menjadi bersih,” ujar Dedy.

Ucapan selamat juga disampaikan Dedy Yon untuk BAZNAS yang sudah berusia 21 tahun.

Wali Kota juga berharap BAZNAS Kota Tegal terus meningkatkan manfaat zakat untuk kesejahteraan umat dan bisa menjadi bagian dari penanggulangan kemiskinan di Kota Tegal.

“Sebab fungsi zakat sangat berperan dalam menopang pembangunan Kota Tegal, jika potensi umat ini dikelola dengan baik. Sebagai instrumen redistribusi harta, zakat sangat berperan untuk mempercepat kemudahan akses memperoleh pendidikan, kesehatan, sosial dan ekonomi,” tambahnya.

Dedy Yon juga mengutarakan bahwa zakat bukan hanya dapat memutus rantai kemiskinan, tetapi bagaimana zakat dapat mempercepat kesejahteraan rakyat.

Dengan demikian zakat menjadi refleksi dari kesadaran beragama bagi umat islam, juga tidak bisa dipisahkan dari tanggung jawab sosialnya, sebagai warga negara.

Advertisements

“Baznas Kota Tegal, selaku lembaga pengelola dan penyalur zakat, harus bisa menjadi penjaga amanat umat, menjadi tugas Baznas untuk meningkatkan efektivitas dan efesiensi pelayanan dalam mengelola zakat. Baznas juga dituntut melakukan inovasi dan terobosan kebijakan yang diperlakukan dalam rangka penguatan sistem dan peningkatan pengelolaan zakat yang berorentasi pada kepentingan umat,” pungkas Dedy Yon.
(Red2/Umum)

Editor : Irene Indah

TAG :, ,
Statistik Situs
  • Total halaman dikunjungi: 119,385