Bangkitkan Motivasi Belajar Siswa di Tengah Pandemi Covid- 19

SEMANGAT : Semangat belajar dapat dimiliki dengan meningkatkan motivasi belajar. Motivasi belajar adalah sebuah penggerak atau pendorong yang membuat seseorang akan tertarik kepada belajar sehingga akan belajar secara terus-menerus. (BeeNews.id/doc)

TEGAL – Pandemi mengajarkan masyarakat tentang banyak hal, tidak hanya itu keadaan juga memaksa masyarakat untuk mengubah kebiasaan lama. Terutama praktik di dunia pendidikan, yang selama pandemic berubah total.

Seluruh kegiatan belajar mengajar baik itu disekolah maupun perguruan tinggi dilaksanakan secara daring. Pembelajaran online dilakukan dengan memanfaatkan teknologi khususnya internet, pembelajaran dilakukan dengan menggunakan berbagai media seperti aplikasi zoom, google meet, google classroom dan media lain.

Pada pembelajaran online, peserta didik dapat menjadi kurang aktif dalam menyampaikan aspirasi dan pemikirannya, sehingga dapat mengakibatkan pembelajaran yang menjenuhkan.

Seorang siswa yang mengalami kejenuhan dalam belajar akan memperoleh ketidakmajuan dalam hasil belajar, oleh Karena itu diperlukan pendorong untuk menggerakkan siswa agar semangat belajar sehingga dapat memiliki prestasi belajar.

Pembelajaran online tidak harus memaksakan siswa mencapai target pembelajaran seperti pembelajaran tatap muka. Namun menciptakan hati yang nyaman sehingga mereka masih yakin untuk tetap belajar dan menyongsong masa depan di tengah pandemi covid- 19 ini.

Mengajak siswa menjaga kesehatan, tetap semangat menjalankan social distanding dan saling memberi motivasi kepada yang lain untuk tetap semangat dalam belajar. Misalya siswa diajak untuk mengirim foto kegiatannya di rumah dan pendapatnya dalam melaksanakan pembelajaran daring dan pencegahan covid 19.

Hal ini bertujuan membangkitkan suasan kekeluargaan, mengobati jeda waktu yang cukup lama tidak bertemu, sekaligus saling memberi semangat belajar.

Untuk membangkitkan semangat belajar siswa, guru dapat memberikan materi pembelajaran dengan lebih menarik dan tidak hanya memberikan tugas atau soal saja. Guru dapat membuat power point atau video pembelajaran, atau memberikan contoh-contoh perhitungan agar siswa memahami materi yang disampaikan.

Guru memberikan kesempatan tanya jawab dengan siswa sehingga mempermudah siswa memahami materi yang disampaikan guru. Mendengarkan kendala siswa dalam mengerjakan tugas maupun dalam mengirimkan tugasnya, serta mencari solusi yang terbaik agar tetap dapat pembelajaran tetap dapat berjalan dengan baik.
(Red2/Motivasi)

Editor : Irene Indah

Advertisements
Statistik Situs
  • Total halaman dikunjungi: 119,373