Mahasiswa KKN Umus 2023 di Desa Cikuya

KKN : Mahasiswa KKN UMUS 2023 tengah melakukan pembuatan batu bata di desa Cikuya kecamatan Banjarharjo Brebes. Masyarakat di sana mayoritas pekerja buruh dan membuat batu bata.(Beenews.id/Zuhud).

BREBES – Mahasiswa KKN Universitas Muhadi Setiabudi Brebes sedang melaksanakan salah satu program kerja KKN yaitu UMKM pembuatan batu bata di desa Cikuya Kec. Banjarharjo beberapa hari lalu.

Berdasarkan pengamatan yang dilakukan di desa Cikuya, ditemukan bahwa masyarakat di sana mayoritas bekerja sebagai buruh dan membuat batu bata alias bata merah. Hal ini terbukti dengan adanya truk pengangkut batu bata yang sudah matang setiap harinya. Satu truk itu biasanya menampung 3000-5000 batu bata.

Proses produksi batu bata ini dimulai dari pembuatan bahan dasar/adonan, pencetakan, merapikan tepi-tepi batu bata (pengerikan) dan dibakar. Waktu yang diperlukan yaitu selama 4-6 hari serta tergantung cuaca pada saat itu. Batu bata tersebut biasanya dikirim kebeberapa daerah wilayah Kabupaten Brebes.

“Dengan adanya kegiatan UMKM tersebut diharapkan dapat meningkatkan perekonomian bagi masyarakat sekitar. Serta dapat dijadikan lapangan pekerjaan bagi orang-orang yang mau mencari pekerjaan sampingan untuk mendapatkan penghasilan tambahan,” tutur Sri Devi.(Red3/Pendidikan).

Editor : Irene Indah

TAG :, ,
Statistik Situs
  • Total halaman dikunjungi: 122,179