7 Makanan untuk Menjaga Keremajaan, Termasuk Telur Rebus

MUDA: Telur rebus merupakan salah satu makanan yang bisa menjaga awet muda. Makan 2 telur rebus setiap hari baik untuk kesehatan.(BeeNews.id/Wildan Rizkiyadi)

JAKARTA – Memiliki penampilan awet muda, bugar, dan sehat adalah impian banyak orang. Untuk menjaga penampilan awet muda, kita perlu menjalani gaya hidup sehat, termasuk olahraga teratur, tidur yang cukup, dan mengonsumsi makanan bergizi seimbang.

Artikel ini akan membahas tujuh makanan yang dapat membantu menjaga keremajaan yang bisa dijadikan pilihan dalam menu sehari-hari.

Jenis-jenis makanan yang membantu awet muda, berikut adalah berbagai makanan yang dapat Anda konsumsi untuk tetap awet muda:

1. Telur Rebus

Telur mengandung banyak nutrisi penting yang membantu mencegah penuaan dan menjaga kesehatan di usia lanjut. Telur kaya akan protein yang berperan dalam memperbaiki dan memelihara jaringan tubuh. Konsumsi dua butir telur rebus setiap hari dapat membantu menjaga keremajaan. Hindari menggoreng telur karena dapat meningkatkan kandungan kolesterol dan lemak jenuh.

2. Brokoli

Brokoli adalah makanan yang baik untuk membantu tetap awet muda. Sayuran ini mengandung senyawa sulforaphane yang membantu mempertahankan elastisitas kulit, sehingga kulit tampak lebih elastis dan mencegah keriput.

3. Teh Hijau

Teh hijau mengandung antioksidan yang dapat melawan radikal bebas penyebab penuaan kulit, seperti polusi udara, asap rokok, dan sinar ultraviolet dari matahari.

4. Ikan Berlemak

Ikan berlemak, seperti ikan kembung dan salmon, mengandung omega-3 yang dapat memelihara kesehatan kulit, mengurangi peradangan, dan mencegah kerusakan kulit akibat paparan sinar matahari. Ikan berlemak juga kaya akan selenium, mineral yang berperan dalam memperbaiki DNA dan mencegah kerusakan kulit akibat sinar UV.

5. Dark Chocolate

Dark chocolate atau cokelat hitam adalah sumber polifenol yang berfungsi sebagai antioksidan tubuh serta menurunkan risiko penyakit jantung, diabetes tipe 2, dan penurunan kognitif seiring bertambahnya usia.

6. Buah Delima

Buah delima mengandung potasium, serat, dan vitamin K yang mendukung kesehatan jantung. Penelitian menunjukkan bahwa antioksidan pada buah delima dapat mengurangi kerusakan kulit akibat sinar UV dan bintik hitam akibat paparan sinar matahari. Antioksidan tersebut membantu melindungi dan mendorong produksi kolagen untuk kesehatan kulit.

7. Buah Alpukat

Alpukat kaya akan lemak sehat untuk jantung. Buah ini juga tinggi serat, vitamin, dan mineral penting untuk kesehatan. Antioksidan dalam buah alpukat mendukung kesehatan membran kulit dan melindungi dari kerusakan akibat radikal bebas yang memicu penuaan.

Advertisements

Selain mengonsumsi tujuh makanan di atas, penting juga untuk rutin berolahraga, tidur yang cukup, menghindari alkohol dan rokok, serta melakukan pemeriksaan kesehatan secara rutin dengan dokter.
(Red1/Kesehatan)

Editor : Indah Setiawati

TAG :,
Statistik Situs
  • Total halaman dikunjungi: 119,427