5 Tips Cara Menyimpan Buah Agar Tidak Cepat Busuk

TIPS: Menyimpan Buah dengan baik dan benar sesuai dengan tips yang diajarkan akan membuat buah lebih tahan lama, lebih segar dan tidak mudah busuk.(BeeNews.id/Wildan Rizkiyadi)

JAKARTA – Menyimpan buah dengan benar sangat penting untuk memastikan buah tetap segar dan tahan lama. Berikut adalah lima tips cara menyimpan buah agar tidak cepat busuk:

  1. Pisahkan Buah Berdasarkan Jenisnya
    Buah-buahan yang berbeda memiliki karakteristik penyimpanan yang berbeda pula. Beberapa buah seperti apel, pisang, dan tomat mengeluarkan gas etilen yang dapat mempercepat pematangan buah lainnya. Oleh karena itu, pisahkan buah-buahan yang mengeluarkan gas etilen dari buah-buahan yang sensitif terhadap gas tersebut untuk menghindari pembusukan yang cepat.
  2. Simpan Buah di Tempat yang Tepat
    Beberapa buah lebih baik disimpan di suhu ruangan, sementara yang lain lebih baik disimpan di lemari es. Misalnya, apel, anggur, dan beri lebih baik disimpan di lemari es, sedangkan pisang, alpukat, dan jeruk lebih baik disimpan di suhu ruangan. Pastikan untuk mengetahui kebutuhan penyimpanan masing-masing buah untuk memperpanjang masa segarnya.
  3. Gunakan Wadah yang Tepat
    Menyimpan buah di wadah yang tepat juga dapat membantu mencegah pembusukan. Gunakan kantong plastik berlubang atau wadah tertutup dengan ventilasi untuk memungkinkan sirkulasi udara. Hindari menyimpan buah dalam wadah yang terlalu rapat tanpa ventilasi, karena ini dapat menyebabkan kelembaban berlebih yang mempercepat pembusukan.
  4. Periksa dan Buang Buah yang Sudah Rusak
    Selalu periksa kondisi buah secara berkala dan segera buang buah yang sudah mulai rusak atau busuk. Buah yang rusak dapat mengeluarkan gas etilen dan cairan yang dapat menyebabkan buah lainnya cepat busuk. Dengan membuang buah yang rusak, Anda dapat mencegah penyebaran pembusukan ke buah yang masih segar.
  5. Cuci Buah Sebelum Disimpan
    Membersihkan buah sebelum disimpan dapat membantu menghilangkan kotoran dan sisa pestisida yang dapat menyebabkan pembusukan. Cuci buah dengan air mengalir dan keringkan dengan baik sebelum menyimpannya.

Namun, hindari mencuci buah beri sebelum disimpan, karena kelembaban yang berlebih dapat mempercepat pembusukan. Sebaiknya, cuci buah beri sebelum dikonsumsi.

Dengan mengikuti lima tips di atas, Anda dapat menjaga kesegaran buah lebih lama dan mengurangi pemborosan akibat buah yang cepat busuk.
(Red1/Umum)

Editor : Indah Setiawati

TAG :,
Statistik Situs
  • Total halaman dikunjungi: 119,427