5 Hal yang Harus Dihindari saat Mengecas HP

UMUR : Memperhatikan cara mengecas HP yang benar tidak hanya dapat memperpanjang umur baterai, tetapi juga menjaga perangkat agar tetap dalam kondisi optimal.(BeeNews.id/Wildan Rizkiyadi)

JAKARTA – Mengecas HP mungkin terlihat seperti aktivitas sederhana yang kita lakukan setiap hari. Namun, ada beberapa kebiasaan yang bisa merusak baterai atau bahkan perangkat itu sendiri jika dilakukan secara terus-menerus.

Berikut adalah lima hal yang sebaiknya dihindari saat mengecas HP Anda.

1. Menggunakan charger palsu atau tidak resmi.

Menggunakan charger yang tidak asli atau tidak sesuai dengan spesifikasi perangkat dapat merusak baterai dan bahkan menyebabkan kebakaran. Charger palsu sering kali tidak memiliki pengaturan keamanan yang memadai, sehingga berisiko tinggi.

Pastikan selalu menggunakan charger yang disertakan dengan perangkat atau yang disarankan oleh produsen.

2.Mengecas di tempat yang terlalu panas atau terlalu dingin.

Suhu ekstrem, baik panas maupun dingin, dapat berdampak buruk pada baterai HP. Mengecas HP di tempat yang terlalu panas dapat menyebabkan baterai terlalu panas dan mengurangi masa pakainya.

Sebaliknya, mengecas di tempat yang terlalu dingin juga bisa mengurangi efisiensi pengisian daya. Usahakan untuk mengecas di tempat yang memiliki suhu ruangan yang normal.

3.Menggunakan HP saat sedang mengecas.

Menggunakan HP saat sedang dicas dapat membuat perangkat menjadi panas dan memperlambat proses pengisian daya.

Selain itu, hal ini juga bisa memperpendek umur baterai karena penggunaan energi yang tidak stabil. Jika memungkinkan, hindari penggunaan HP saat sedang diisi daya untuk menjaga kesehatannya.

4.Mengecas terlalu lama atau semalaman.

Mengecas HP terlalu lama atau membiarkannya terhubung dengan charger semalaman dapat menyebabkan overcharging, meskipun banyak HP modern yang sudah dilengkapi dengan fitur untuk mencegah hal ini.

Namun, praktik ini tetap tidak dianjurkan karena dapat meningkatkan suhu perangkat dan memperpendek umur baterai. Sebaiknya cabut charger setelah baterai penuh.

Advertisements

5.Menggunakan Port USB di jomputer atau laptop untuk mengecas.

Mengecas HP melalui port USB di komputer atau laptop biasanya lebih lambat dan mungkin tidak memberikan arus listrik yang stabil seperti charger yang dicolokkan ke stopkontak. Hal ini bisa menyebabkan pengisian daya menjadi tidak efektif dan berpotensi merusak baterai. Lebih baik menggunakan charger resmi yang dicolokkan ke stopkontak untuk hasil terbaik.

Hindari lima kesalahan umum di atas untuk menjaga HP Anda tetap awet dan berfungsi dengan baik. Dengan perawatan yang tepat, Anda dapat memastikan bahwa perangkat Anda selalu siap digunakan kapan pun Anda membutuhkannya.
(Red1/Tehnologi)

Editor : Indah Setiawati

TAG :, ,
Statistik Situs
  • Total halaman dikunjungi: 118,409