11 Kiat Bikin Foto Produk UMKM Kamu Jadi Estetik

KEREN : Beberapa Tips supaya foto produk bisa bagus dan keren yaitu menggunakan kamera yang bagus, pencahayaan, background, property foto, styling, angle, hindari editing berlebihan, watermark, medsos dan pemakaian caption yang simple.(BeeNews.id/Wildan Rizkiyadi)

Buat kamu yang sedang terjun di bidang UMKM atau bisnis online tentu saja harus tau bagaimana cara memotret produkmu agar terlihat bagus, menarik dan estetik, tentu saja dengan harapan agar produkmu terjual banyak.

Nuke Prasetyani Fotografer perempuan asli Brebes yang keseharianya bekerja di Dinas Kesehatan Brebes ketika disambangi Team media online Bee News. Id menuturkan banyak hal tentang teknik foto produk.

“Foto produk yang bagus dan menarik merupakan salah satu kunci agar pembeli tertarik dengan produk yang kita jual yang nantinya akan mendatangkan omset menjadi meningkat,” tutur Nuke sapaan akrabnya.

Terkait peralatan penunjang Nuke mengungkapkan “Banyak orang beranggapan bahwa untuk mendapatkan foto yang bagus dibutuhkan peralatan yang lengkap dan mahal. Tentu saja itu salah, karena sebenarnya dengan menggunakan handphonepun foto produk bisa terlihat estetik.”

Berikut tips untuk dijadikan referensi menghasilkan foto produk yang menarik.

1. Gunakan kamera yang bagus

Penggunaan Alat tidak menjadi prioritas, artinya tidak selalu harus menggunakan DSLR tetapi dengan menggunakan kamera handphone.

2. Pencahayaan

Fotolah produkmu pada cahaya yang terang, misalkan pada siang hari, dimana kamu bisa memanfaatkan cahaya matahari sebagai sumber cahaya utama foto. Agar mendapatkan hasil yang maksimal kamu bisa melakukan pengambilan foto produk di luar ruangan.

3. Background

Banyak pilihan background yang dapat kita gunakan sesuai tema. Untuk hasil yang bagus sebaiknya Anda menggunakan background yang natural atau basic misalnya dengan menggunakan kertas berwarna putih menjadi pilihan yang tepat untuk mendapatkan foto produk yang bagus. Warna background yang netral dapat menghasilkan gambar lebih menonjol dan memudahkan Anda untuk mengeditnya. Jika ingin foto bernuansa lain, sekarang ini banyak background foto dijual di toko online.

4. Property foto

Penggunaan properry foto yang simple dan menarik.
Penggunaan property sebagai alat bantu dianggap penting untuk menunjang agar foto tersebut terlihat lebih menarik. Gunakan property yang simple tetapi sesuai dengan produknya. Jangan terlalu rame dengan property yang digunakan karena itu akan membuat orang binggung membedakan mana produk dan mana property.

5. Styling

Penataan produk juga mendukung agar foto terlihat menarik. Tempatkan produk paling depan dan tidak terlalu banyak property. Beberapa varian dari produk bisa ditonjolkan agar lebih menarik tentu saja dengan penataan yang tidak saling menumpuk satu sama lain.

Advertisements

6. Pilih angle yang tepat

Angle atau sudut pandang yang tepat pada saat pengambilan foto juga berpengaruh pada hasil akhir foto. Untuk mendapatkan angle yang tepat ini memang tidaklah mudah, kamu perlu melakukan beberapa kali pemotretan. Tidak masalah jika kamu mengambil banyak foto dari berbagai sudut. Hal ini untuk memastikan kamu mendapatkan hasil foto yang bagus. Jangan ragu dalam pengambilan angle, kamu bisa memotret dari atas dengan sudut 30-60 derajat (high angle) atau bisa juga dengan pengambilan dari atas tegak lurus yang biasa disebut dengan flatlay.

7. Jangan gunakan zoom untuk memotret

Hindari zoom atau memperbesar ukuran pada saat memotret karena hasil fotonya akan terlihat lebih pecah dan kurang bagus. Jika memang ingin mendapatkan gambar dari dekat dan detail, sebaiknya kamu mendekatkan kamera pada produknya.

8. Hindari editing yang berlebihan

Editing pada foto memang sangat penting dan perlu kamu lakukan. Melalui proses editing kamu bisa menambahkan berbagai hal agar produkmu lebih menarik. Cukup lakukan editing sederhana saja untuk membuat gambar menjadi lebih menarik dan enak dilihat.

9. Tambahkan Watermark

Untuk menghindari pencurian foto produk, sebaiknya kamu tambahkan watermark pada foto. Watermark ini berfungsi sebagai penanda bahwa foto produk tersebut adalah milik kamu. Pemberian watermark juga bisa masuk dalam editing untuk menambah daya tarik foto produkmu.

10. Pasarkan produkmu di media sosial

Ini adalah menjadi strategi marketing yang jitu bagi kamu yang akan berjualan. Setelah foto produk jadi, uploadlah ke media sosial seperti instagram atau facebook dan bisa juga untuk berjualan di online shop.

11. Gunakan caption yang simple dan menarik untuk dibaca sehingga pembeli penasaran untuk mencoba produkmu.

Semoga bermanfaat dan selamat mencoba..
(Red1/Motivasi)

Editor : Indah Setiawati

TAG :,
Statistik Situs
  • Total halaman dikunjungi: 123,438