Ratusan Peserta Ikuti Bimbingan Teknis dan Pelatihan Oleh Juru Sembelih Halal Brebes

BIMTEK : Foto bersama saat kegiatan bimtek dan pelatihan bagi juru sembelih halal brebes. Bimtek ini bertujuan untuk meningkatkan pengetahuan dan keterampilan para Juleha.(Beenews.id/Zuhud).

BREBES – Dinas Peternakan dan Kesehatan Hewan (DPKH) Kabupaten Brebes bekerjasama dengan DPD Juru Sembelih Halal (Juleha) menggelar Bimbingan Teknis (Bimtek) dan Pelatihan, Sabtu, (17/6).

Puluhan peserta mengikuti kegiatan bimtek dan pelatihan yang dilaksanakan di Aula Jabres DPKH Brebes.

Kepala DPKH Brebes drh. Ismu Subroto melalui Kepala Bidang (Kabid) Kesehatan Hewan dan Kesehatan Masyarakat Budi Santoso mengatakan, kegiatan ini untuk meraih sertifikat halal. Serta, untuk menjadikan banyak penyembelih yang profesional dan kompeten di Kabupaten Brebes.

Menurutnya, kegiatan bimtek dan pelatihan Juleha ini juga merupakan salah satu persiapan jelang Idul Adha. Hal ini berkaitan dengan pelaksanaan penyembelihan hewan ternak.

“Harapannya, bimtek dan pelatihan ini bisa menambah Juleha yang profesional serta berkompeten di Kabupaten Brebes. Sehingga, dapat membantunya masyarakat dalam memotong hewan ternak,” katanya.

Bimtek dan pelatihan tersebut, lanjutnya, guna meningkatkan pengetahuan dan keterampilan para Juleha. Dengan tujuannya, menyiapkan para Juleha sebagai ujung tombak penyediaan daging dalam menyongsong sertifikasi produk halal Indonesia Tahun 2024.

Dia menjelaskan, para peserta yang mengikuti pelatihan ini dapat menjadi juru sembelih yang profesional. Dan nantinya, bisa dipanggil oleh masyarakat yang membutuhkan untuk menyembelih hewan ternak.

“Jadi masyarakat lebih mudah jika membutuhkan juru sembelih, serta mendapatkan hasil sembelihannya yang halal untuk dimakan,” jelasnya.

Dalam pelatihan tersebut, lanjutnya, dalam bimtek tersebut juga hadir perwakilan dari Kementerian Agama (Kemenag) Brebes. Diketahui, bimtek ini dilaksanakan selama dua hari. Hari pertama (hari ini, Red) teori dan besok Minggu 18 Juni 2023 praktek penyembelihan di RPH Jatibarang.

“Intinya itu tadi, dengan bimtek dan pelatihan ini kami harapkan akan menambah juru sembelih halal yang ada di Kabupaten Brebes,” pungkasnya.(Red3/Umum).

Advertisements

Editor : Irene Indah

TAG :,
Statistik Situs
  • Total halaman dikunjungi: 121,223