Pj Gubernur Jateng Kunjungan ke KPU Kabupaten Brebes

BERKUNJUNG : Pj Gubernur Jateng Nana Sudjana saat berkunjung ke KPU Kabupaten Brebes. Kunjungan tersebut dalam rangka mempersiapkan pelaksanaan pemilu 2024. (Beenews.id/zuhud)

BREBES – Penjabat (Pj) Gubernur Jawa Tengah, Nana Sudjana, melakukan kunjungan kerja ke Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Brebes guna pastikan kesiapan penyelenggaraan Pemilu 2024. Secara keseluruhan, persiapan KPU Brebes dinilai sudah matang. Koordinasi antara KPU, Bawaslu, TNI, Polri, dan Pemkab Brebes berjalan dengan baik.

Namun, masih ada beberapa pekerjaan yang perlu diperbaiki, salah satunya adalah distribusi logistik pemilu yang saat ini masih dalam proses. Saat ini, logistik pemilu yang sudah tiba baru mencapai 90 persen.

“KPU Brebes telah menjelaskan kesiapannya. Distribusi logistik tinggal 10 persen lagi, dan diperkirakan akan segera terpenuhi dalam beberapa hari ke depan,” ungkapnya pada Kamis (25/1) sore.

Logistik pemilu yang telah diterima oleh KPU Kabupaten Brebes juga telah didistribusikan ke masing-masing kecamatan. Pengamanan di gudang penyimpanan logistik pemilu juga sudah diperketat, termasuk pemasangan CCTV dan penjagaan personel TNI dan Polri.

“KPPS (Kelompok Penyelenggara Pemungutan Suara) juga sudah siap dan telah dilantik, begitu pula dengan linmas,” imbuhnya.

Menurut Nana, perhatian khusus perlu diberikan pada upaya meningkatkan partisipasi masyarakat dalam menggunakan hak suara mereka. Hal ini dikarenakan jumlah Daftar Pemilih Tetap (DPT) di Kabupaten Brebes sangat besar dibandingkan dengan daerah lain di Jawa Tengah.

“DPT di sini cukup besar karena memang Brebes memiliki jumlah penduduk yang besar, sekitar lebih dari 2 juta. Jadi DPT-nya mencapai sekitar 1,5 juta. Terdapat sekitar 6.291 TPS (Tempat Pemungutan Suara) di Brebes, jumlah yang cukup signifikan,” jelasnya.

Nana menargetkan partisipasi masyarakat di Jawa Tengah dalam Pemilu 2024 minimal mencapai 80 persen.

Sementara itu, Ketua KPU Brebes, Manja Lestari Damanik, menyampaikan bahwa ada beberapa daerah yang menjadi perhatian, terutama daerah rawan bencana alam. Setidaknya ada empat titik rawan bencana yang menjadi fokus perhatian.

“Daerah Bantarkawung, Salem, dan Sirampong rawan longsor, sedangkan banjir terjadi di wilayah Ketanggungan atau bagian Utara Brebes. Kami telah menyiapkan antisipasi di daerah-daerah tersebut,” tambahnya.(Red3/Umum)

Advertisements

Editor : Irene Indah

TAG :, ,
Statistik Situs
  • Total halaman dikunjungi: 122,179