Pemkot Tegal Jajagi Kerja Sama dengan PT. Telkom Indonesia

KEWAJIBAN : Wali Kota Tegal Dedy meminta Telkom menyediakan aplikasi atau program yang dapat mengingatkan kewajiban wajib pajak sebelum jatuh tempo dan bagi pelajar yang berulang tahun di usia 17 tahun yang langsung diberikan E-KTP. Demikian juga Kota Tegal merancang wisata pelayanan terpadu di Jl. Ahmad Yani. (BeeNews.id/Humas Pemkot Tegal)

SEMARANG – Pemerintah Kota Tegal jajagi kerja sama dengan PT. Telkom Indonesia terkait layanan digitalisasi pada pelayanan publik. Diharapkan dengan kerja sama tersebut, pelayanan pembayaran pajak dan retribusi oleh masyarakat semakin cepat dan mudah serta Pendapatan Asli Daerah (PAD) Kota Tegal semakin meningkat.

Deputi EVP Telkom Regional IV Jawa Tengah & DIY, Firmansyah menyatakan PT. Telkom telah mempersiapkan berbagai aplikasi yang diharapkan dapat diimplementasikan di Kota Tegal.

“Telkom siap membantu Pemerintah Kota Tegal dalam upaya bersama-sama membangun bangsa,” ungkap Firmansyah saat menerima kunjungan Wali Kota Tegal, H. Dedy Yon Supriyono, S.E., M.M., di Gedung Telkom Regional IV Jl. Pahlawan Semarang.

Tema kunjungan tersebut yakni Benchmark Solusi dan Layanan Digital Telkom berupa solusi E-Tax, Command Center, Operation Center, MedSos Center, dan Digital Touch Point’ pelanggan Indihome, Kamis (12/05).

Hadir mendampingi Wali Kota, Sekda Kota Tegal Dr. Drs. Johardi, M.M, Asisten 2 Cucuk Daryanto, Asisten 3 Ilham Prasetyo, Kepala Diskominfo Kota Tegal Markus Wahyu Priyono dan Kabag Prokompim Setda Kota Tegal Dorres Indrian.

Hadir dari Manajemen PT Telkom Regional IV yakni GM Witel Pekalongan, Bapak Dwi Kiansantang, Kakandatel Tegal, Harika Yunianta, OSM EGBIS Telkom Regional IV, Bapak Wijayanto, VP Government & SME Telkom Finnet, Bapak Roosdiono, Manager BGES Witel Pekalongan, dan Account Manager Government, Ibu Sri Yuliana.

Dedy Yon menyebutkan Kota Tegal telah memiliki banyak aplikasi yang diperuntukkan untuk melayani masyarakat. Kota Tegal sudah digitalisasi terkait pelayanan publik.

Seperti pelayanan Adminduk, KTP Elektronik, dokumen pernikahan kerja sama dengan Kemenag, akte kematian, KK, yang semuanya dilaksanakan dengan pelayanan cepat.

“Seorang ibu yang mau bersalin, petugas nodong minta data untuk Adminduk. Jabang bayi sudah dibersihkan, sebelum ketemu ibunya, akte kelahiran dan KK diberikan,” ujar Dedy Yon.

“Jadi di Jl. Ahmad Yani kita disitu punya foodtruck kaya tempat makan agar tidak meninggalkan sampah tidak pakai tenda, mobil ukuran sama. Tapi itu sore sampai dini hari utamanya adalah wisata pelayanan publik. Kalau jam 12 siang sampai setengah 3. Jadi itu sebelum ganti foodtruck ada mobil pelayanan seluruh bank ada disitu. Jangan jangan berpikir buka buku tabungan baru harus ke bank. PTSP, mobil Samsat , PLN, BPN, Imirgrasi, Telkom disitu nanti bisa jadi wisata pelayanan terpadu,” ungkap Wali Kota.

Advertisements

Sementara Sekda Kota Tegal mengatakan Kota Tegal memiliki program smart city sehingga sudah banyak aplikasi yang muncul tinggal diintegrasikan.

Terkait penjajagan kerja sama tersebut, Johardi meminta PT. Telkom untuk menindaklanjuti dengan pertemuan lanjutan dengan beberapa OPD di Lingkungan Pemkot Tegal agar lebih mengetahui berbagai program atau aplikasi yang dibutuhkan.

Muhammad Ikhwan Senior AM PT Telkom Regional IV menyebut akan menindaklanjuti pertemuan tersebut dengan melaksanakan Focus Group Discussion (FGD) bersama OPD di Lingkungan Pemkot Tegal.
(Red2/Umum)

Editor : Irene Indah

TAG :, , , ,
Statistik Situs
  • Total halaman dikunjungi: 122,860