Mengenal Singkat Sapi Jabres

LOKAL : Sapi Jabres merupakan salah satu SDGT (Sumber Daya Genetik Ternak) lokal khas Brebes, yang merupakan hasil persilangan antara sapi Madura/Bali dengan sapi lokal atau ongole.(Beenews.id/Zuhud).

BREBES – Desa Kalinusu, Kecamatan Bumiayu, Kabupaten Brebes, Jawa Tengah, miliki potensi sapi lokal asli Brebes yang dikenal Jabres atau sering disebut dengan istilah Jawa Brebes.

Sapi Jabres ini banyak berada di Padang Penggembalaan Ternak Maribaya, di Dukuh Maribaya, Desa Kalinusu. Padang ini luasnya sekitar 104 hektar, dimana pengelolaannya dilakukan oleh Dinas Peternakan dan Kesehatan Hewan (DPKH) Kabupaten Brebes, dengan memberdayakan masyarakat setempat dan sekitarnya.

SDGT lokal ini juga memiliki tingkat adaptasi yang tinggi terhadap lingkungan bahkan tingkat ekstrim, karena mampu hidup di tempat yang minim makanan, sehingga sapi Jabres telah ditetapkan Kementerian Pertanian RI, sebagai salah satu rumpun sapi lokal yang merupakan kekayaan sumber daya genetik lokal Indonesia dari Brebes.

Daging sapi Jabres ini jauh lebih enak saat dikonsumsi dan harganya lebih murah. Untuk sapinya sendiri, harga jual di pasaran antara Rp. 9-11 juta/ekor. Dengan ukuran dan berat yang sama, harga tersebut lebih murah dari harga sapi jenis PO atau metal.

Untuk keistimewaan lainnya yakni sapi Jabres ini sangat mudah dipelihara karena memiliki ketahanan tubuh lebih baik dibanding sapi jenis lain, mau makan jenis daun apa saja.(Red3/Umum).

Editor : Irene Indah

TAG :
Statistik Situs
  • Total halaman dikunjungi: 122,181