Kupat Glabed yang Gurih dan Nikmat di Kota Tegal

KHAS : Kupat Glabed merupakan salah satu makanan khas Tegal yang berbahan dasar dari ketupat yang disiram kuah kuning kental. (BeeNews.id/doc)

TEGAL – Kupat Glabed adalah makanan dengan bahan dasar ketupat yang dipotong-potong dengan kuah yang mengental dan berwarna kuning. Glabed sendiri adalah sebutan warga Tegal untuk tekstur kuah yang kental dan lengket.

Kuah kupat ini berwarna kuning seperti opor, namun teskturnya lebih kental. Selain dari segi tekstur kuah juga ada taburan kerupuk kuning diatasnya.

Yang bikin seger dari makanan ini yaitu berasala dari kuah sambal yang begitu khas. Orang awam mungkin menjadi tidak tertarik saat melihat makanan ini, karena kuahnya yang sangat mengental.

Namun kalau sudah mencoba, kamu bisa ketagihan karena kuahnya yang mengental terasa gurih sekali.

Kuah yang kental itu karena menggunakan bahan kare tempe dan mie kenyol. Tempe yang digunakan juga menarik, karena menggunakan tempe semangit atau tempe yang sengaja dibusukkan.

Keunikan lainnya yaitu olahan mie kenyol dan kerupuk yang direbus hingga lembak dan dimasak pedas.

Bahan-bahan untuk membuat makanan ini tidak lah sulit untuk di cari. Kamu bisa menemukan dan mencoba membuatnya sendiri.

Warga Tegal biasanya menyajikan kupat ini saat hari raya lebaran. Saat seluruh anggota keluarga berkumpul untuk makan bersama.

Namun demikian, kamu bisa menikmati dan menemukan makanan ini setiap hari. Ada banyak pedagang di tempat-tempat keramaian maupun pinggir jalan.

Harganya juga sangat terjangkau yakni Rp 5.000 per porsi. Tergantung dengan menu tambahan yang diinginkan pembeli.

Advertisements

Untuk menu tambahannya ada sate telur, sate usus, tempe hingga daging blengong.

Salah satu penjual kupat glabed yang enak di Tegal ada di Jalan Ayam 1, Kelurahan Randugunting, Kota Tegal.

Penjual kupat glabed ini biasa membuka dagangannya dari sore hingga malam hari yaitu dari pukul 17.00 hingga 23.00 WIB.
(Red2/Kuliner)

Editor : Irene Indah

TAG :, , ,
Statistik Situs
  • Total halaman dikunjungi: 122,275