Hobi Yang Bisa Menghasilkan Cuan, Bisa Buat Penghasilan Sampingan

PELUANG : Pekerjaan yang paling menyenangkan adalah hobi yang dibayar, apalagi jika menekuni dan ulet terhadap hobi tersebut, peluang mendapatkan uang pun makin besar. (BeeNews.id/doc)

TEGAL – Pernahkan berpikir untuk menjadikan hobi sebagai lading cuan ? Ternyata beberapa hobi memang bisa mendatangkan cuan, apalagi jika hobi itu digeluti dengan sungguh-sungguh.

Meski banyak orang menganggap hobi hanya sebatas hiburan menghilangkan penat, namun sebagian lagi menganggap ada hobi yang bisa dijadikan peluang menghasilkan cuan.

Terlebih di tahun 2022, pasti banyak yang memiliki resolusi untuk menambah lebih banyak cuan. Lantas apa saja sih hobi tersebut ?

Berikut ini beberapa hobi yang bisa menghasilkan cuan.

1. Menulis

Hobi menulis masih berpeluang mendatangkan cuan di 2022, kamu bisa menjadi content writer untuk produk atau perusahaan yang membutuhkan. Kamu juga bisa menulis dan mengirimkannya ke beberapa media online atau cetak yang bisa menerima tulisan berbayar, atau menjadi penulis di platform pekerja lepas seperti Upwork, Fiver, freelancer dan copywriter yang bisa dikerjakan di waktu luang.

2. Kerajinan tangan

Banyak orang kreatif yang terampil membuat aneka kerajinan tangan, daripada hanya dipakai atau dipajang sendiri, kamu bisa mencoba menjualnya.

3. Bermain game

Kamu bisa menjadi penguji game seperti orang-orang di Playtestic atau PlaytestCloud, kamu juga bisa menjadi pemain pro gramer dan bergabung ke tim-tim esport Indonesia yang sudah semakin berkembang. Jika kamu suka membuat konten yang menarik dan skill yang kamu tunjukkan sangat hebat, tak ada salahnya menjadi seorang streamer yang menyajikan konten-konten game.

4. Main music atau bernyanyi

Hobi bernyanyi atau bermain music dapat dijadikan bisnis yang bisa dilakukan dari rumah, kamu hanya perlu mengunggahnya ke YouTube, TikTik atau Instagram. Apabila bisa mendatangkan banyak subscriber atau views, kamu bisa mendapatkan penghasilan.

5. Fotografi

Hampir semua bidang membutuhkan jasa fotografi, skill kamu bisa dimanfaatkan untuk membuat foto produk, foto model, foto pernikahan atau dokumentasi acara. Kamu bisa mulai membuat portofolio fotomu dan menawarkannya melaluk sosial media atau bisa menjual karja foto di website foto.

6. Memasak

Kamu bisa menawarkan Open PO untuk masakan rumahan ke orang-orang terdekat bagi yang malas atau tidak sempat masak. Bagi yang senang demo masak, bisa juga membuat viedo mengenai tips memasak yang nantinya juga bisa dimonetisasi.

Advertisements

(Red2/Hobi)

Editor : Irene Indah

TAG :,
Statistik Situs
  • Total halaman dikunjungi: 121,217