Hati-Hati, Ini Ciri-Ciri Gorengan Plastik yang Berbahaya untuk Kesehatan

LEZAT: Tampilan gorengan yang renyah, lezat dan menggiurkan, namun perlu diwaspadai karena beberapa oknum penjual bisa menggunakan bahan berbahaya seperti plastik untuk membuat gorengan lebih tahan lama.(BeeNews.id/Wildan Rizkiyadi)

JAKARTA – Gorengan menjadi salah satu camilan favorit yang sulit ditolak. Ada beragam jenis gorengan, mulai dari tempe, tahu, hingga pisang goreng, yang selalu laris manis.

Sayangnya, di balik kenikmatannya, ada beberapa oknum penjual yang menggunakan bahan berbahaya seperti plastik untuk membuat gorengan lebih renyah dan tahan lama. Ini tentu sangat membahayakan kesehatan. Agar terhindar dari bahaya gorengan plastik, kenali ciri-cirinya berikut ini.

1. Warna Gorengan Terlalu Mengkilap

Jika gorengan yang Anda beli terlihat terlalu mengkilap, ada kemungkinan penjual mencampurkan plastik dalam proses penggorengan. Warna kuning keemasan yang mencolok ini adalah tanda bahaya. Hindari gorengan dengan tampilan terlalu berkilau, karena ini bisa jadi akibat plastik yang dicampurkan dalam minyak goreng.

2. Adanya Bercak Putih pada Gorengan

Ciri lain gorengan plastik adalah adanya bercak-bercak putih pada permukaannya. Bercak ini berasal dari plastik yang meleleh di dalam minyak panas tetapi tidak sepenuhnya hancur. Akibatnya, bercak tersebut menggumpal dan menempel di gorengan, menandakan adanya kontaminasi.

3. Gorengan Renyah Tapi Pahit

Jika gorengan tetap renyah setelah berjam-jam, namun ada rasa sedikit pahit, Anda patut waspada. Gorengan ini kemungkinan dicampur kapur dalam adonannya. Kapur membantu menjaga kerenyahan gorengan meski sudah dingin, tetapi tentunya ini sangat berbahaya untuk kesehatan.

4. Harga Gorengan Terlalu Murah

Gorengan yang dijual dengan harga terlalu murah dibandingkan dengan yang lain bisa menjadi tanda bahwa bahan yang digunakan tidak layak konsumsi. Bisa jadi, gorengan tersebut mengandung bahan berbahaya seperti formalin, yang membuatnya awet hingga berhari-hari.

5. Bau Menyengat yang Tidak Wajar

Gorengan yang memiliki bau menyengat dan rasa yang aneh mungkin mengandung terlalu banyak MSG atau penyedap rasa lainnya. Penggunaan MSG dalam jumlah berlebihan tidak hanya mengurangi kualitas rasa, tetapi juga bisa berdampak buruk bagi kesehatan.

Solusi Aman Menikmati Gorengan

Untuk menikmati gorengan dengan lebih aman, pilihan terbaik adalah membuatnya sendiri di rumah. Dengan begitu, Anda bisa memastikan bahan-bahan yang digunakan lebih sehat dan higienis. Tidak hanya itu, membuat gorengan sendiri juga menghindarkan Anda dari risiko bahan berbahaya seperti plastik atau formalin.
(Red1/Kesehatan)

Editor : Indah Setiawati

TAG :, ,
Statistik Situs
  • Total halaman dikunjungi: 122,177