Brebes Jalani Verifikasi Lapangan Penilaian Kabupaten Kota Sehat Nasional 2023

PENILAIAN : Suasana di lapangan saat menjalani verifikasi lapangan penilaian Kabupaten Kota Sehat Nasional 2023. Tampak mendampingi, Forkompinda, Sekretaris Daerah, Kepala Dinas Kesehatan dan semua stakeholder terkait.(Beenews.id/zuhud)

BREBES – Kabupaten Brebes akhirnya menjalani verifikasi lapangan penilaian Kabupaten Kota Sehat (KKS) Nasional 2023. Hal itu, terungkap saat tim verifikasi KKS pusat hadir dan disambut langsung Penjabat Bupati Brebes Urip Sihabudin, Rabu (14/9).

Brebes difokuskan untuk mengikuti penilaian lapangan sebagai 173 kabupaten kota dari 29 provinsi yang mengikuti verifikasi KKS tingkat nasional.

Pj Bupati Brebes Urip Sihabudin menyampaikan, Kabupaten Brebes merasa bangga berhasil menjalani verifikasi dokumen hingga lolos menjalani verifikasi lapangan KKS Nasional 2023. Brebes disimpulkan, penyelenggaraan kabupaten kota sehat di Kabupaten Brebes telah berjalan dengan baik. Capaian tersebut menjadi hasil kerjasama Tim Pembina Kota Sehat dan Ketua Forum Kota Sehat Kabupaten Brebes.

“Verifikasi lapangan kabupaten kota sehat, berlangsung selama dua hari di Brebes. Yakni, Rabu-Kamis 13-14 September 2023, ke 20 lokasi yang menjadi item penilaian KKS,” jelasnya.

Penentuan lokasi yang ditinjau, lanjut Urip, sebelumnya sudah ditentukan daerah peserta verifikasi lapangan. Artinya, butuh penyesuaian dan kesiapan tim daerah agar hasil tinjauan lapangan sesuai dengan permintaan tim verifikasi KKS pusat.

Pihaknya berharap, hasil tinjauan lapangan menjadi motivasi Kabupaten Brebes untuk terus berbenah. Sehingga mampu mewujudkan kondisi kabupaten/kota yang bersih, nyaman, aman dan sehat sebagai hunian penduduk.

“Caranya, dengan menyelenggarakan penerapan tatanan dan kegiatan yang terintegrasi. Serta, menjadi kesepakatan antara masyarakat dan pemerintah daerah,” ujarnya.

Sementara itu, Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Brebes Ineke Tri Sulistyowati menambahkan, sejumlah lokasi yang menjadi tujuan verifikasi lapangan tersebar di 11 titik. Yakni, Desa Rengasbandung dan Kaliwlingi sebagai potensi pariwisata dan UMKM.

Kemudian Puskesmas Brebes, Masjid Janegara Kecamatan Jatibarang, Monumen Juang, TPA Kaliwlingi, SMP 1 Brebes dan SDIT, Pasar Induk dan Pasar Belakang Kodim. Terminal Tanjung, MPP, Terminal Brebes, Pulo Cemara, Batik Mangrove dan garam rebus.

“Harapannya, hasil verifikasi lapangan bisa mengantarkan Kabupaten Brebes meraih penghargaan Swasti Saba 2023 tingkat Padapa. Sebab, penyerahan penghargaan berlangsung pada November mendatang berdasarkan penilaian tinjauan lapangan semua titik,” tandasnya. (Red3/Kesehatan)

Advertisements

Editor : Irene Indah

TAG :, ,
Statistik Situs
  • Total halaman dikunjungi: 121,223