Beberapa Macam Masakan Nusantara yang Berbumbu Kacang

LEZAT: Empat hidangan khas Nusantara berbumbu kacang, yaitu gado-gado, sate ayam, ketoprak, dan pecel, disajikan dengan tampilan yang lezat dan menggugah selera.(BeeNews.id/Wildan Rizkiyadi)

JAKARTA – Makanan Indonesia memang kaya akan cita rasa, salah satu yang membuat kuliner nusantara begitu istimewa adalah penggunaan bumbu kacang dalam beberapa hidangannya.

Bumbu kacang memberikan rasa gurih dan manis yang unik, membuat setiap makanan yange menggunakannya jadi lebih lezat. Tak heran, banyak masakan berbumbu kacang yang menjadi favorit banyak orang.

1. Gado-Gado

Salad Khas Indonesia dengan bumbu kacang gado-gado adalah salah satu makanan tradisional yang sangat digemari di Indonesia. Dengan campuran sayuran segar seperti kangkung, tauge, dan kol, makanan ini disajikan dengan bumbu kacang yang kental dan gurih.

Rasanya semakin lezat dengan tambahan lontong, tahu, dan tempe. Gado-gado sering disebut sebagai salad khas Indonesia, namun bumbu kacang membuatnya berbeda dari salad pada umumnya.

2. Sate

Kelezatan daging yang dipadukan dengan bumbu kacang, siapa yang tidak kenal dengan sate? Daging yang dipanggang dengan tusukan bambu ini disajikan dengan bumbu kacang yang manis dan gurih.

Sate ayam, sate kambing, hingga sate sapi, semuanya nikmat disiram bumbu kacang yang khas. Di beberapa daerah, sate bahkan disajikan dengan lontong atau nasi, menjadikannya makanan yang sangat mengenyangkan.

3. Ketoprak

Makanan jalanan yang sederhana tapi menggugah selera. Ketoprak adalah makanan jalanan yang terbuat dari tahu, bihun, dan ketupat yang disiram bumbu kacang. Makanan ini sederhana tapi sangat menggugah selera.

Bumbu kacangnya yang kental dan gurih dipadukan dengan kerupuk renyah menambah kelezatan pada setiap gigitannya. Ketoprak mudah ditemukan di berbagai sudut kota, terutama di Jakarta.

4. Pecel

Cita rasa nusantara dalam sajian sayuran pecel mirip dengan gado-gado, namun yang membedakan adalah pilihan sayurannya. Pecel menggunakan sayuran seperti bayam, kacang panjang, dan bunga turi, yang disiram dengan bumbu kacang khas Jawa.

Rasanya lebih pedas dibandingkan gado-gado karena menggunakan lebih banyak cabai dalam bumbu kacangnya. Pecel sering dinikmati bersama nasi dan rempeyek kacang yang gurih.

Advertisements

Masakan berbumbu kacang memang memberikan cita rasa yang khas pada kuliner nusantara. Cobalah berbagai hidangan ini untuk merasakan kekayaan rasa yang ada di dalam setiap porsi makanan berbumbu kacang tersebut.
(Red1/Kuliner)

Editor : Indah Setiawati

TAG :,
Statistik Situs
  • Total halaman dikunjungi: 121,527