Bahaya Terlalu Lama Menatap Layar, Ini Cara Tingkatkan Kemampuan Mata

EFEK : Menatap layar komputer sudah menjadi makanan sehari-hari. Namun, berada di depan komputer dalam jangka waktu lama tentu saja akan memberikan efek samping bagi kesehatan. (BeeNews.id/doc)

TEGAL – Di masa pandemi yang memaksa berbagai kalangan untuk berinteraksi melalui layar komputer atau gadget dapat menurunkan tingkat kemampuan mata yang terus menerus menatap layar bercahaya.

Mulai dari anak sekolah yang melakukan kegiatan belajar mengajar melalui komputer atau smart phone. Mahasiswa yang kuliah daring hingga pekerja kantoran yang harus melakukan WFH atau Work From Home menggunakan laptop dan komputer atau gadget lainnya.

Bahkan, bukan hanya setelah pandemi ini, sebelumnya banyak juga anak-anak yang terlalu lama berada di depan layar komputer untuk bermain game. Atau bahkan batita dan balita yang diberikan tontonan youtube oleh orang tuanya agar duduk anteng.

Terlalu sering menatap layar dengan durasi yang lama dapat menyebabkan fungsi dan kemampuan mata berkurang, dan juga terjangkit berbagai penyakit mata. Tak hanya itu, penyakit tersebut juga dapat merembet ke berbagai penyakit pada bagian tubuh lain.

Salah satu penyakit mata yang dapat diderita adalah Computer Vision Syndrome (CVS). Sindrom ini adalah gangguan mata yang diakibatkan oleh aktivitas berlebihan atau terlalu lama menatap layar komputer, tablet, dan ponsel.

Faktor yang menyebabkan adalah cahaya yang terlalu terang dari layar, penerangan dari ruangan yang kurang, jarak tubuh dengan layar, hingga posisi dan cara duduk. Keseluruhan faktor tersebut menyebabkan ketegangan dan rasa tidak nyaman pada mata.

Penderitanya akan merasakan mata yang lelah, pusing dan sakit kepala setelah lama di depan layar, pandangan mata menjadi kabur atau blurry, mata kering, mata merah, hingga mata terasa gatal. Di luar area mata, leher dapat merasa nyeri, pundak merasa pegal, dan punggung merasa sakit.

Jika kamu merasakan gejala-gejala tersebut, dan sudah mengalaminya dalam waktu yang lama, segera periksalah ke dokter. Kamu juga bisa menanggulangi penyakit-penyakit mata dengan melakukan beberapa hal berikut ini:

1. Beri waktu istirahat untuk mata

Setelah menatap layar perangkat elektronik dalam waktu yang cukup lama, berikanlah sedikit waktu untuk mata beristirahat. Alihkan dengan menatap objek lain seperti benda sekitar selama beberapa menit.

Jika kamu bisa keluar ruangan untuk melihat taman yang terdapat pemandangan hijau, maka lebih baik lagi. Mata yang telah bekerja sedari bangun di pagi hari perlu diberikan istirahat.

Advertisements

2. Olahraga mata

Mata yang terpaku pada satu arah selama berjam-jam tidaklah baik. Lakukan olahraga untuk memberikan jeda di antara menatap layar.

Teknik 20-20-20 merupakan teknik yang kerap digunakan orang-orang untuk melakukan olahraga pada mata. Istirahatkan mata setiap 20 menit sekali, dan saat beristirahat tersebut tataplah objek yang berjarak 20 kaki (6 meter) di kejauhan selama 20 detik.

3. Lembabkan dan latih fleksibilitas mata

Selama beberapa waktu, lembabkanlah mata agar tidak menjadi kering, merah, dan gatal. Melembabkannya cukup kedipkan mata selama beberapa kali.

Karena terkadang terlampau fokus membuat mata lupa berkedip. Selain itu, latih juga fleksibilitas mata dengan memutar bola mata agar mata tak kering pada satu posisi.

4. Atur sumber cahaya dan posisi perangkat elektronik

Selain faktor internal, terdapat juga faktor eksternal yang dapat disesuaikan untuk menjaga kesehatan mata. Pertama adalah atur sumber cahaya ruangan sehingga tidak membuat mata merasa tidak nyaman.

Atur juga pencahayaan perangkat, jangan biarkan berada pada pencahayaan penuh terus menerus. Kedua, atur posisi perangkat sehingga kepala dan mata merasa nyaman.

Hindari menunduk untuk menatap ponsel, atau terlalu dekat menatap layar komputer. Posisi perangkat elektronik disarankan berada 15-20 derajat di bawah pandangan mata atau 20-28 inci dari mata.

5. Konsumsi makanan sehat

Terakhir, konsumsi juga makanan-makanan yang meningkatkan kesehatan mata. Sayur dan buah yang mengandung beta-karoten tinggi seperti wortel dan blueberry baik untuk penglihatan mata.

Di luar itu, konsumsi juga makanan yang mengandung nutrisi penting bagi mata seperti kacang-kacangan, jeruk, sayuran hijau, ubi jalar, dan daging sapi. Kamu juga bisa mengkompres mata dengan timun setelah satu hari penuh menatap layar.
(Red2/Kesehatan)

Editor : Irene Indah

TAG :,
Statistik Situs
  • Total halaman dikunjungi: 122,255