Agar Lebih Awet dan Tahan Lama, Pahami Tips Merawat Kamera Berikut Ini.

PERAWATAN : Hal pertama yang perlu kamu pastikan dalam perawatan kamera adalah kebersihan lensa kamera. Pastikan kamu membersihkan lensa kamera kamu minimal 2 hari sekali, sekalipun mungkin frekuensi penggunaannya tidak terlalu sering.(BeeNews.id/Zuhud).

TEGAL – Kamera menjadi salah satu alat penting untuk mengabadikan momen-momen di dalam hidup kita. Baik dengan kamera smartphone atau kamera DSLR dan Mirrorless sering digunakan untuk mengabadikan momen berharga dalam hidup. Karenanya, penting untuk merawat kamera smartphone ataupun tahu perawatan kamera DSLR / Mirrorless bukan?

Sama halnya dengan benda elektronik lainnya, kamera kamu juga membutuhkan perawatan yang layak untuk dapat menemani kehidupan kamu dalam jangka waktu yang lama. Jika mungkin kamu belum tahu cara merawatnya dengan mudah dan benar, berikut ini adalah tips untuk merawat kamera milikmu agar tetap awet!

1. Menjaga Kebersihan Lensa Kamera

Hal pertama yang perlu kamu pastikan dalam perawatan kamera adalah kebersihan lensa kamera. Pastikan kamu membersihkan lensa kamera kamu minimal 2 hari sekali, sekalipun mungkin frekuensi penggunaannya tidak terlalu sering. Kamu bisa menggunakan cleaning kit yang dijual bebas di toko kamera.

2. Gunakan Tas Khusus Kamera

Selalu persiapkan tas khusus untuk kamera kamu kemanapun kamu pergi membawanya. Karena ternyata banyak juga orang yang belum memahami betapa pentingnya akan hal ini. Tas kamera dirancang khusus untuk dapat melindungi kamera dari berbagai guncangan yang kerap terjadi dan memastikan bahwa guncangan tersebut tidak akan mempengaruhi kamera milikmu.

Dan satu hal lagi, tas kamera juga diperlengkapi dengan ruang penyimpanan perlengkapan kamera lainnya seperti lensa, filter, dan charge. Jadi, jika kamu ingin mencari cara merawat kamera dengan baik, pastikan kamu menggunakan tas khusus kamera, ya.

3. Bersihkan Body Kamera

Nah, kalau tadi kita sudah membahas mengenai kebersihan lensa, maka yang tak kalah penting dalam perawatan kamera adalah menjaga kebersihan body kamera sendiri. Body kamera merupakan pusat mesin-mesin berada, dan secara otomatis akan membuatnya semakin rentan akan kerusakan-kerusakan akibat debu dan partikel kecil lainnya.

Maka dari itu, kamu harus terus membersihkan bagian ini secara berkala. Pastikan kamu menjangkau seluruh bagian hingga bagian terkecil sekalipun. Kamu bisa membeli cleaning kit yang telah disediakan khusus untuk perawatan body kamera.

4. Menjaga Baterai Kamera

Nah tips yang terakhir, jika ingin memberikan perawatan kamera yang maksimal bagi kameramu, harus memperhatikan siklus pengisian daya pada baterai kamera. Pada umumnya, baterai lithium-ion memiliki batas pengisian daya sekitar 500 kali, maka sudah selayaknya kamu membeli baterai baru jika jumlah pengisian baterai sudah mencapai 500 kali atau melebihinya.

Lalu bagaimana cara merawat baterai dengan benar sehingga tetap awet? Kamu disarankan untuk menyimpan baterai di dalam ruangan sejuk dan jauh dari suhu panas yang ekstrim.

Nah, setelah mengetahui cara merawat kamera seperti di atas, tentu saja kamu kini bisa menjaga kamera kesayangan kamu agar semakin awet, bukan?
(Red3/Elektronik).

Advertisements

Editor : Irene Indah

TAG :, ,
Statistik Situs
  • Total halaman dikunjungi: 121,223