Manfaat cuka apel selain untuk kecantikan

SEHAT : Beberapa manfaat cuka apel selain untuk kecantikan tetapi juga bermanfaat untuk kesehatan. Antara lain dapat untuk mengurangi berat badan, mengatasi masalah pencernaan, mengontrol gula darah, melindungi sel tubuh dan meredakan psoriasis. (BeeNews.id/Wildan Rizkiyadi) 

TEGAL – Cuka apel merupakan sari buah apel yang difermentasi. Beberapa tahun lalu, keberadaannya sempat berada di puncak popularitas. Hal ini dikarenakan manfaatnya sebagai toner yang ternyata baik dalam mengatasi jerawat dan masalah kulit lainnya, Namun, khasiat dari cuka apel tak sebatas untuk kecantikan kulit saja. Masih ada yang lain dan tentu baik bagi kesehatan tubuh.

  1. Mengurangi Berat Badan.
    Memiliki tubuh ideal adalah impian bagi banyak orang. Salah satu caranya bisa dengan cuka apel. Asam asetat yang terkandung di dalamnya disebut mampu meningkatkan AMPK, sebuah enzim yang mempercepat metabolisme serta pembakaran lemak.

  2. Mengatasi Masalah Pencernaan.
    Cuka apel bekerja dalam membatasi penyerapan karbohidrat dari makanan. Sebagian yang tidak diserap akan bergerak menuju usus, kemudian menjadi asupan bagi bakteri-bakteri baik disana.

Dengan kata lain, cuka apel membantu meningkatkan populasi bakteri baik, sehingga sistem pencernaan menjadi lebih sehat. Manfaat ini banyak ditemukan pada cairan cuka yang belum disaring. Biasanya memiliki ampas dengan warna cokelat yang tinggi akan prebiotik.

  1. Mengontrol Gula Darah.
    Cuka apel telah teruji mampu menghambat proses pelepasan glukosa dari makanan menuju darah. Situasi ini dapat mencegah sugar rush (kadar gula darah naik secara drastis usai mengonsumsi karbohidrat).

Dengan begitu, cuka apel akan membantumu dalam mengontrol gula darah. Terbukti dari beberapa orang yang mengatakan bahwa kadarnya stabil selama tiga bulan terakhir.

  1. Melindungi Sel Tubuh.
    Semua makanan yang mengandung polifenol dianggap baik dalam melindungi sel tubuh. Kamu akan menjadi lebih sehat dan terhindar dari berbagai penyakit, seperti kanker. Manfaat ini nyatanya bisa juga kamu dapatkan dengan pemakaian cuka apel.

  2. Meredakan Psoriasis.
    Psoriasis adalah masalah pada kulit yang menyebabkan gatal hingga mengelupas. Kebanyakan terjadi di bagian kepala. Cuka apel memiliki sifat antiseptik yang mampu mengatasi ciri yang ditimbulkan serta iritasi akibat gangguan tersebut.

Hal ini dibuktikan dengan banyak orang yang menggunakan cuka apel saat tengah mengalami psoriasis. Mereka mengatakan adanya penurunan gejala setelah beberapa minggu.
(Red3/Kesehatan)

Editor : Irene Indah

TAG :, ,
Statistik Situs
  • Total halaman dikunjungi: 121,529